Penerimaan Mahasiswa Baru

MENGAPA (MEMILIH) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

  1. Biaya pendidikan (UKT) terjangkau.

Mahasiswa membayar UKT paling mahal Rp 1.750.000;00 setiap semester. Untuk tingkat ekonomi tertentu, mahasiswa hanya dikenakan UKT sebesar Rp 400.000;00 (Besaran UKT terlampir).

  1. Dosen profesional dan berkualitas.

Seluruh dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon Lulusan S2 dan S3 serta Guru Besar. Sebagian adalah lulusan perguruan tinggi luar negeri, seperti: Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, Universitas Islam Madinah Al-Munawwarah Arab Saudi, Khartoum Internasional Institut For Arabic Language Sudan, Universitas Internasional Afrika Sudan, Universitas Damaskus Syria, Quaid-i-Azam University Islamabad Pakistan, Universitas Leiden Belanda, Mississippi State University, Universitas Islam Internasional Malaysia, dan Universiti Kebangsaan Malaysia. Sebagian lagi lulusan dalam negeri.

  1. Lokasi strategis, mudah ditempuh.

Kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon berada di Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon. Dari arah Bandung atau Jakarta turun di By Pass depan Living Plaza dan naik Angkot D2. Bila tidak buru-buru, bisa jalan kaki dari By Pass ke Kampus. Dari arah Brebes turun di Terminal Harjamukti kemudian naik angkot D10. Sedangkan Dari arah Kuningan turun di Ciperna kemudian naik 05 atau GC turun di Kalitanjung, lalu naik angkot D3. Bila tidak buru-buru, dari arah kuningan bisa minta turun di Terminal Harjamukti kemudian naik angkot D10.

  1. Ruang belajar representatif, ber-AC.

Seluruh ruang belajar dilengkapi white board dan infocus. Bangku kuliah yang memadai dan ruangan ber-AC membuat belajar dan diskusi lebih nyaman.

  1. Laboratorium nyaman dan lengkap.

Tersedia laboratorium yang memadai, tertata rapih, dilengkapi alat-alat praktik dan laboran yang berkualitas.

  1. Perpustakaan lengkap dan nyaman.

Tersedia perpustakaan lengkap dengan ruang baca ber-AC, meja-kursi nyaman, digital library, dan layanan online untuk memudahkan pencarian dan peminjaman buku, juga tersedia koleksi yang memadai.

  1. Disediakan Ma’had bagi mahasiswa.

IAIN Syekh Nurjati melengkapi dirinya dengan Masjid dan Ma’had untuk penanaman, pendalaman, dan pembiasaan pelaksanaan nilai-nilai keislaman. Ma’had juga digunakan sebagai Asrama Mahasiswa.

  1. Berorientasi pada ilmu dan akhlak.

IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri selalu memegang komitmen pada keilmuan dan kislaman serta akhlak karimah dalam pelaksanaan pengajaran, penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat.

  1. Terakreditasi BAN-PT dengan Peringkat B

Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 637/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2015 menyatakan bahwa Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon terakreditasi dengan peringkat B. Sertifikat akreditasi institusi perguruan tinggi ini berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal 27 Juni 2015 sampai dengan 7 Juni 2020.

  1. Terakreditasi ISO 9001:2015

Berdasarkan Audit Sertifikasi yang dilaksanakan pada 28-30 November 2018, tim auditor merekomendasikan penerbitan sertifikat TUV Rheinland Nomor 824 100 18114.

JURUSAN / PROGRAM STUDI DI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

No. Jurusan / Program Studi Jenjang Gelar Akreditasi
1 Pendidikan Agama Islam S.1 S.Pd. A
2 Pendidikan Bahasa Arab S.1 S.Pd. A
3 Tadris Bahasa Inggris S.1 S.Pd. B
4 Tadris IPS S.1 S.Pd. B
5 Tadris Matematika S.1 S.Pd. B
6 Tadris Biologi S.1 S.Pd. B
7 Pendidikan Guru MI S.1 S.Pd. B
8 Pendidikan Islam Anak Usia Dini S.1 S.Pd. B
9 Manajemen Pendidikan Islam S.1 S.Pd. *)
10 Tadris Bahasa Indonesia S.1 S.Pd. B
11 Hukum Keluarga Islam S.1 S.H. A
12 Hukum Ekonomi Syariah S.1 S.H. B
13 Perbankan Syariah S.1 S.E. C
14 Ekonomi Syariah S.1 S.E. **)
15 Akuntansi Syariah S.1 S.E. **)
16 Hukum Tata Negara S.1 S.H. **)
17 Sejarah Kebudayaan Islam S.1 S.Hum A
18 Komunikasi Penyiaran Islam S.1 S.Sos. B
19 Akidah dan Filsafat Islam S.1 S.Ag. A
20 Ilmu Al-Quran dan Tafsir S.1 S.Ag. B
21 Pengembangan Masyarakat Islam S.1 S.Sos. C
22 Bimbingan Konseling Islam S.1 S.Sos. B
23 Ilmu Hadits S.1 S.Ag. *)
24 Bahasa dan Sastra Arab S.1 S.Hum *)

*) Akreditasi dalam Proses **) Jurusan/Prodi Baru

 

SELEKSI NASIONAL SPAN-UM PTKIN TAHUN 2019

A. SPAN-PTKIN TAHUN 2019

Pendahuluan

SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaring-an prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis. Yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang terakreditasi dan yang secara sah mempero leh izin penyeleng-garaan pendidikan dari pemerintah. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/ Pesantren masing-masing.

SPAN-PTKIN bertujuan memberikan kesempatan dan kepercaya-an kepada Madrasah/Sekolah/Pesantren agar mendaftarkan siswanya melalui SPAN-PTKIN untuk memperoleh pendidikan tinggi di UIN/IAIN/ STAIN, dan mendapatkan calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi melalui seleksi siswa MA/MAK/SMA/ SMK/Pesantren Muadalah.

Persyaratan Madrasah/Sekolah

Sekolah yang berhak mengikuti SPAN-PTKIN 2019 adalah MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah, termasuk Sekolah Republik Indonesia (SRI) yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan telah mengisi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) dengan lengkap dan benar. Untuk Pesantren Muadalah diatur secara terpisah.

Persyaratan Siswa Pendaftar

Siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah kelas terakhir pada tahun 2018 yang:

  • Memiliki prestasi akademik unggul, yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah mulai semester 1 hingga semester 5.
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  • Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

Biaya

Biaya pendaftaran SPAN-PTKIN ditanggung pemerintah, siswa pendaftar tidak dipungut biaya apapun.

Tahapan Pendaftaran Sekolah

  • Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah mendaftarkan lembaganya melalui laman span-ptkin.ac.id dengan melampirkan Sertifikat Akreditasi dan SK Kepala Madrasah/ Sekolah/Pesantren.
  • Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah mendapatkan login pengisian PDSS melalui e-mail Kepala Madrasah/Sekolah/ Pesantren Muadalah.
  • Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren mengisikan data sekolah dan siswa pada borang pengisian PDSS dan melakukan finalisasi.
  • Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah mendapatkan User ID dan password untuk diberikan kepada siswa guna melakukan pendaftaran.

Tahapan Pendaftaran Siswa

  • Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan User ID dan password yang diberikan oleh kepala Madrasah/ Sekolah/ Pesantren Muadalah untuk login ke laman www.span-ptkin.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  • Pendaftar mengisi biodata, mengunggah foto resmi, memilih PTKIN, memilih program studi, dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).
  • Pendaftar yang memenuhi syarat dapat mendaftar program Bidikmisi yang akan diverifikasi oleh masing-masing PTKIN.
  • Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTKIN yang akan dipilih.
  • Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SPAN-PTKIN.

Tata Cara Pendaftaran

  1. Pengisian dan Verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)
  2. Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah atau yang ditunjuk untuk mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman span-ptkin.ac.id
  3. Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah atau yang ditunjuk akan memperoleh password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  4. Siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/ Pesantren Muadalah atau yang ditunjuk, dengan menggunakan NISN. Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan, maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Program Studi dan Jumlah Pilihan

  • Siswa pendaftar memilih 2 (dua) PTKIN yang diminati.
  • Siswa pendaftar memilih 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN.
  • Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Daftar program studi dan daya tampung SPAN-PTKIN dapat dilihat pada laman SPAN-PTKIN span-ptkin.ac.id.

Jadwal

Pengisian PDSS 23 Januari – 28 Februari 2019
Verifikasi PDSS 23 Januari – 28 Februari 2019
Pendaftaran 23 Januari – 28 Februari 2019
Seleksi 08 – 15 Maret 2019 & 20 – 22 Maret 2019
Pengumuman 01 April 2019
Registrasi 07 – 14 Mei 2019
Website www.span-ptkin.ac.id
Email info@span-ptkin.ac.id

Pemeringkatan

  • Melalui sistem, Panitia Nasional membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam Ujian Nasional (UN) 2019, mulai semester 1 hingga semester 5.
  • Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan Panitia Nasional dan sesuai dengan ketentuan akreditasi sekolah, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SPAN-PTKIN 2019.

Prinsip Seleksi

  • Mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik lainya.
  • Memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah.
  • Menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTKIN secara adil, akuntabel, dan transparan.

Tahapan Seleksi

  • Pendaftar di seleksi di PTKIN pilihan 1 terlebih dahulu berdasar urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.
  • Pendaftar yang tidak lulus di PTKIN pilihan 1 maka akan diseleksi di PTKIN pilihan 2 berdasar urutan program studi dan ketersediaan daya tampung.

Persyaratan Penerimaan

  • Lulus dari MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah
  • Lulus SPAN-PTKIN 2019
  • Lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN penerima.

 

B. UM-PTKIN TAHUN 2019

Pendahuluan

UMPTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelenggaraan UMPTKIN dibebankan kepada peserta seleksi/ujian dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Syarat Pendaftaran

  1. Lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK /Pesantren Muadalah atau yang setara tahun 2017, 2018, dan 2019. Lulusan tahun 2017 dan 2018 harus sudah memiliki ijazah atau yang sederajat. Sedang-kan lulusan tahun 2019 harus memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala MA/SMA/SMK/ Madrasah Muadalah dan dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter atau puskesmas sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
  3. Membayar biaya pendaftaran yang telah ditetapkan

Jadwal

Pendaftaran (SIP) 02 – 29 April 2019
Pembayaran 02 – 29 April 2019
Pendaftaran 02 – 30 April 2019
Ujian 28 Mei 2019
Pengumuman 01 Juli 2019
Registrasi 03 – 09 Juli 2019
Website www.um-ptkin.ac.id
Email info@um-ptkin.ac.id

Alur Pendaftaran

  1. Calon peserta mengisi biodata secara online di www.um-ptkin.ac.id sehingga mendapat nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran) dan PIN.
  2. Peserta melakukan pembayaran di seluruh kantor cabang bank BNI di seluruh Inonesia, BNI Internet, ATM BNI, keagenan BNI, atau bank lain yang mendukung fitur ATM Bersama (biaya administrasi ditanggung calon peserta) dengan menunjukkan nomor SIP.
  3. Peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih lokasi ujian dan pilihan program studi hingga cetak kartu peserta UM-PTKIN 2019.
  4. Mengikuti ujian di lokasi yang telah dipilih sesuai dengan jadwal yang tertera pada kartu peserta UM-PTKIN 2019.

Jadwal Ujian

Waktu Mata Ujian
07.30 – 08.00 Pengisian biodata peserta
 

08.00 – 09.45

TPA
Bahasa
Keislaman
09.45 – 10.15 Istirahat
10.15 – 11.30 IPA / IPS
10.15 – 12.15 IPC*

* Ujian setelah waktu istirahat tergantung pada kelompok ujian

Kelompok Ujian

  1. Kelompok Ujian IPA (Peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi). Materi Ujian : (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPA.
  2. Kelompok Ujian IPS (Peminat Program Studi bidang Sosial, Humaniora, dan Keagamaan). Materi ujian: (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPS.
  3. Kelompok Ujian Campuran (Peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi, bidang Sosial, bidang Humaniora dan bidang Keagamaan). Materi ujian: (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPS, (5) Kemampuan IPA.

Pengumuman Kelulusan

  1. Hasil ujian akan diumumkan pada tanggal 01 Juli 2018 mulai pukul 17.00 WIB.
  2. Pengumuman dapat diakses di laman : um-ptkin.ac.id

Persyaratan Penerimaan

  1. Lulus Satuan Pendidikan Menengah Atas, lulus UM-PTKIN, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN
  2. Melakukan pendaftaran ulang pada PTKIN penerima.

 

C. SPMB-MANDIRI 2019

((( jadwal belum ditentukan)))

 

LAMPIRAN

Uang Kuliah Tunggal (UKT) berdasarkan KMA 211 Tahun 2018 

  Jurusan

/Program Studi

Tarif (dalam Ribu Rupiah)
Kel I Kel II Kel III Kel IV Kel V
1 Pendidikan Agama Islam 0-400 1.100 1.300 1.450 1.550
2 Pendidikan Bahasa Arab 0-400 1.000 1.250 1.350 1.450
3 Tadris Bahasa Inggris 0-400 1.250 1.450 1.600 1.750
4 Tadris IPS 0-400 1.250 1.450 1.600 1.750
5 Tadris Matematika 0-400 1.250 1.450 1.600 1.750
6 Tadris Biologi 0-400 1.250 1.450 1.600 1.750
7 Pendidikan Guru MI 0-400 1.100 1.300 1.450 1.550
8 Pendidikan Islam Anak Usia Dini 0-400 1.100 1.300 1.450 1.550
9 Manajemen Pendidikan Islam 0-400 1.100 1.300 1.450 1.550
10 Tadris Bahasa Indonesia 0-400 1.100 1.300 1.450 1.550
11 Hukum Keluarga Islam 0-400 900 1.100 1.200 1.300
12 Hukum Ekonomi Syariah 0-400 1.250 1.450 1.600 1.750
13 Perbankan Syariah 0-400 1.250 1.450 1.600 1.750
14 Ekonomi Syariah 0-400 1.250 1.450 1.600 1.750
15 Akuntansi Syariah 0-400 1.250 1.450 1.600 1.750
16 Hukum Tata Negara 0-400 900 1.100 1.200 1.300
17 Sejarah Kebudayaan Islam 0-400 900 1.100 1.200 1.300
18 Komunikasi Penyiaran Islam 0-400 900 1.100 1.200 1.300
19 Akidah dan Filsafat Islam 0-400 900 1.100 1.200 1.300
20 Ilmu Al-Quran dan Tafsir 0-400 900 1.100 1.200 1.300
21 Pengembangan Masyarakat Islam 0-400 900 1.100 1.200 1.300
22 Bimbingan Konseling Islam 0-400 1.100 1.300 1.450 1.550
23 Ilmu Hadits 0-400 900 1.100 1.200 1.300
24 Bahasa dan Sastra Arab 0-400 900 1.100 1.200 1.300

*) UKT Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2019/2020 menunggu salinan Keputusan Menteri Agama RI