MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN, PGMI MENYELENGGARAKAN KHOTMIL QUR’AN DAN TAHFIDZ

Ketua jurusan PGMI Syibli Maufur, M.Pd dan wakil Dekan III Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Dr. H. Saefudin, M. Pd pada acara Khotmil Qur’an dan Tahfidz Juz 30 dan 1 Jurusan PGMI

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar acara khotmil Qur’an dan tahfidz juz 30 dan 1 untuk seluruh mahasiswa semester 2. Acara ini berlangsung di gedung SBSN lt. 4 Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Senin (18/07/2019).

Acara diawali dan dibuka oleh ketua jurusan PGMI Syibli Maufur, M. Pd. beliau berpesan hafalan juz 30 dan 1 ini terus diulang agar melekat hingga saatnya diuji di semester akhir sebelum ujian komprehensif. Beliau juga menambahkan bahwa “saya berharap setiap lulusan PGMI dapat menjadi guru yang menguasai hafalan Qur’an sehingga dapat bersaing dengan lulusan keguruan yang lainnya”.

Dosen dan mahasiswa sedang melantunkan ayat suci Al-Qur’an bersama pada acara Khotmil Qur’an dan Tahfidz Juz 30 dan 1 Jurusan PGMI

Dalam acara tersebut dihadiri tamu undangan wakil Dekan III Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Dr. H. Saefudin, M. Pd. Beliau mengawali sambutannya dengan mengucapkan خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ اْلقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ (Yang terbaik di antara kamu adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan kemudian mengajarkannya. HR Bukhari no. 5027). “saya berharap hafalan juz 30 dan 1 ini hanya sebagai motivasi awal untuk terus dilanjutkan ke juz selanjutnya. Setelah itu, hafalan tersebut mampu untuk dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari”, ucapnya.

Dalam acara ini juga dihadiri oleh ibu Dwi Anita Alfiani, M. Pd. Sebagai penguji dari tahfidz Al-Qur’an mahasiswa PGMI. Beliau memandu mahasiswa untuk bersama – sama membacakan juz 30 dan 1. Acara juga disemarakan dengan terlibatnya Wakil Dekan 3 FITK Dr. H. Saefudin, M. Pd. menguji hafalan perwakilan mahasiswa semester II PGMI.

Terlepas dari kewajiban umat muslim dalam membaca dan mengamalkan ayat suci Al-Qur’an, acara ini bertujuan untuk melancarkan tahfidz mahasiswa semester II PGMI dan meningkatkan bacaan Al-qur’an  sesuai dengan makhorijul huruf dan ilmu tajwid.

Peserta acara Khotmil Qur’an dan Tahfidz Juz 30 dan 1 Jurusan PGMI