HALAL BIHALAL CIVITAS AKADEMIKA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON TAHUN 2019

Halal bihalal civitas akademika di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, (10/06/2019)

Segenap civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan acara halal bihalal.  Acara ini juga dihadiri Irjen Kemenag RI guna memantau kedisiplinan ASN pada hari pertama kerja pasca cuti bersama hari raya idul fitri 1440 H di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Senin, (10/06/2019)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada acara halal bihalal ini dijadikan segenap civitas akademika sebagai momen silaturahmi dan saling bermaafan. Hal ini sesuai dengan sambutan Rektor pada acara halal bihalal ini yaitu, “Tebarkanlah kedamaian, tunaikan zakat dan jagalah tali silaturahmi”.

Halal bihalal memang sering dimaknai sebagai silaturahmi dan saling memaafkan, sesuai dengan Hadits Nabi Muhammad SAW berikut:

Tidak ada dua orang muslim yang bertemu kemudian bersalaman kecuali dosa keduanya diampuni oleh Allah SWT sebelum mereka berpisah“. (HR. Tirmidzi)

Selain dalam Hadits, di dalam Al-Quran juga dijelaskan pentingnya makna halal bihalal. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-A’raf ayat 199:

Jadilah seorang yang pemaaf, perintahkanlah kepada apa yang ma’ruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang belum mengerti“.

Jadikanlah acara halal bihalal yang penuh dengan nuansa keakraban dan kekeluargaan ini sebagai sebuah energi positif untuk kita semua. Dengaan itu, komunikasi dan kerjasama bisa terbangun dengan baik. Pada akhirnya hal tersebut akan membawa dampak positif bagi keberlangsungan institusi tercinta kita ini, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin. (HH)

Sambutan Rektor Dr. H. Sumanta, M.Ag pada acara Halal bihalal civitas akademika di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, (10/06/2019)
Halal bihalal civitas akademika di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, (10/06/2019)