LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon lakukan Audit Surveillance ISO 9001:2015

Foto Bersama: Pimpinan IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan tim Auditor di lingkungan   IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Humas IAIN Cirebon.- Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Syekh Nurjati Cirebon laksanakan Surveillance ISO 9001:2015 yang berlangsung di Unit-unit Lembaga yang ada di kampus IAIN Syekh Nurjari Cirebon. Audit Surveillance ISO merupakan audit yang wajib dilakukan sebagai badan sertifikasi independen yang dilakukan setiap enam bulan per satu tahun sekali terhadap instansi yang telah bersertifikat ISO.

Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM)Dr. Hj. Kartimi, M.Pd menjelaskan maksud dan tujuan audit tersebut adalah untuk menentukan apakah lembaga tersebut berhak menyandang sertifikat ISO atau tidak. Pemberlakuan standar ISO sebagai pengakuan atas jaminan kualitas merupakan tuntutan bagi lembaga-lembaga, terutama yang berperan  memberikan pelayanan kepada publik.

“IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyandang predikat sebagai Perguruan Tinggi yang bersertifikat ISO pada tahun 2018 dengan nomor 824 100 18 114 untuk jangka waktu mulai 29 Januari 2019 sampai 28 Januari 2022,” ungkapnya.

Lanjutnya, pada hari ini Jum’at 29 November 2019 LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon melakukan follow up dari pada Surveillance ISO yang pertama dengan harapan lembaga kita bisa mempertahankan sertifikat ISO dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
Unit-unit yang di ISO merupakan penunjukan langsung dari TUP nya yaitu dari Rektorat, Kabiro, LPM, Akademik Kemahasiswaan, Bagian Umum dan Humas, Fakultas Ilmu Tarbiyyah dan Keguruan (FITK), dan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI).

“Hasil dari Audit Surveillance ISO ini harapannya bisa memperbiki kekurangan yang ada dan sebagai langkah meningkatkan mutu atau kualitas lembaga” katanya. Read more

Sosialisasi Susduk 2020

Narasumber sedang memaparkan materi pada kegiatan sosialisasi pelaksanaan Sensus Penduduk (Susduk) 2020. Rabu (28/11)
Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cirebon terus lakukan sosialisasi pelaksanaan Sensus Penduduk (Susduk) 2020. Kali ini, BPS Kota Cirebon mendatangi kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon guna memberi pemahaman terkait Susduk 2020 kepada mahasiswa penerima Bidik Misi. Kepala BPS Kota Cirebon, Joni Kasmuri mengatakan, pelaksanaan Susduk 2020 berbeda dari Susduk sebelumnya. Secara teknis, Susduk 2020 lebih banyak menggunakan perangkat online. Masyarakat pun bisa mengisi data pribadi melalui link sensus.bps.go.id pada Februari hingga Maret 2020. Rabu (28/11)

Read more

Gebyar 1.000 Donor (UKM-Mahapeka)

Kegiatan donor darah, UKM Mahapeka bekerjasama dengan PMI Cabang Cirebon yang diselenggarakan di gedung ICC. Rabu (28/11)

UKM Mahapeka IAIN Syekh Nurjati Cirebon bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Cirebon menggelar kegiatan  lima tahunan yaitu Lustrum ke-VI Mahapeka demgam tema  ” Gebyar 1000 Donor” yang berlangsung di Gedung ICC IAIN Cirebon. Kegiatan tersebut bersifat umum yaitu untuk civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan masyarakat sekitar. Rabu (28/11) Read more

Wakil Menteri Agama RI Kunjungi IAIN Cirebon Bedah Materi Industri Halal Dan Inovasi Perguruan Tinggi

KH Zainut Tauhid Sa’adi, (Wamena) RI dalam kegiatan pembinaan pegawai  di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Humas IAIN Cirebon – Wakil Menteri Agama (Wamena) RI, KH Zainut Tauhid Sa’adi, Rabu, (27/11/2019), berkunjung ke kampus IAIN SNJ Cirebon dalam rangka pembinaan pegawai. Tak hanya itu, Wamena RI juga membahas terkait  industri halal, enterpreneurship dan inovasi Perguruan Tinggi, di lantai III, ruang Rektorat IAIN SNJ Cirebon.

Dalam kegiatan tersebut, Zainut Tauhid Sa’adi juga membedah Undang-Undang No 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dalam membuka penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (JPH) serta Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) untuk memeriksa produk-produk yang dijual atau dimakan.

Terkait ini, kata Wamena RI, maka  lembaga keuangan umat islam menjadi strategis dan harus diberdayakan. Selain itu juga potensi-potensi keuangan lainnya, seperti zakat, wakaf dan lainnya termasuk potensi Pondok Pesantren dan Perguruan Tinggi.

“Inilah penguatan SDM Indonesia dalam menghadapi era industri 4.0 dalam membangun generasi bangsa yang kreatif, inovatif dan religius,” katanya. Read more

IAIN Syekh Nurjati Cirebon Menandatangi MOU dengan Kolej University Islam Antar Bangsa Malaysia

Foto bersama delegasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon bersama Dr. Zetty Nurzuliana binti Rashed Dean Fakulty of Education, International Islamic University College Selangor, Malaysia.

Selangor,  Peserta tim Student Mobility Program (SMP) perwakilan dari Mahasiswa/i IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Wahit Hasyim, M.Hum (pendamping), Nasrullah, M.Pd.I (pendamping), Cicik Zakiyaturrosidah (ketua senat mahasiswa), Deri Pramestio (ketua dewan mahasiswa), Rizka Fahma Sabila Haque (jurusan tadris bahasa inggris), Meta Nurosmifa (jurusan ilmu alqur’an dan tafsir). Selasa (26/11)

Tujuan dalam kunjungan ini adalah menghadiri pengajian tinggi al zohry dalam rangka Student Mobility Program (SMP) Kementrian Agama 2019 yang di pimpin oleh KASUBDIT. sarpras dan kemahasiswaan

selain menghadiri pengajian tinggi al zohry dalam rangka Student Mobility Program (SMP) Kementrian Agama 2019 IAIN Syekh Nurjati Cirebon juga melakukan penandatanganan MOU dengan Kolej Universiti Islam Antar Bangsa Malaysia pada hari Selasa, 26 November 2019 di Selangor. Acara penandatanganan ini dilakukan di Ruang Senat lantai 2 kampus setempat.

kasubdit. sarana prasarana dan kemahasiswaan, Ruchman Bashori, M.Ag foto bersama dengan Dr. Zulkifli bin Abdul Hamid (Deputi Rektor Corporate Management of KUIS)

Kedua institusi bertujuan  untuk menguatkan hubungan antar bangsa serumpun dalam bidang akademik meliputi pengajaran, penelitian, pertukaran dosen pengajar, dan pertukaran mahasiswa. Selain itu kedua institusi juga saling bersepakat untuk menguatkan kapasitas dosen melalui program S2 dan Program Doktoral.

Selain IAIN Syekh Nurjati, kerjasama juga diinisiasi dengan 38 PTKIN se Indonesia yang bergabung dalam Student Mobility Program di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI tahun 2019.

Student Mobility Program IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Foto Bersama Delegasi SMP IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan Kasubbag Kemahasiswaan Diktis Kemenag RI dan Sekretaris Direktur Al Zuhri.

Peserta tim Student Mobility Program (SMP) perwakilan dari Mahasiswa/i IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Wahit Hasyim, M.Hum (pendamping), Nasrullah, M.Pd.I (pendamping), Cicik Zakiyaturrosidah (ketua senat mahasiswa), Deri Pramestio (ketua dewan mahasiswa), Rizka Fahma Sabila Haque (jurusan tadris bahasa inggris), Meta Nurosmifa (jurusan ilmu alqur’an dan tafsir) berkunjung ke Singapura dengan tujuan menghadiri pengajian tinggi al zohry dalam rangka Student Mobility Program (SMP) Kementrian Agama 2019 yang di pimpin oleh KASUBDIT. sarpras dan kemahasiswaan, tim SMP disambut oleh direktur Al Zuhry Mohammed Yasin Rozali. Secara umum, Al Zuhri terbuka untuk bekerjasama dalam penguatan kapasitas akademik dan kepemimpinan. Presentasi tentang strategi pendidikan di Singapura cukup menarik, Program ini dilaksanakan pada tanggal 24-30 november 2019. Selasa (26/11)

Adapun aspek sistem grade pendidikan Islam yaitu, kebijakan negara atas agama, toleransi yg diatur negara, sertifikasi ustadz yg terus diupdate secara tahunan (model kursus Pancasila untuk ustad demi ideologi nasional supaya singkron dengan agama), soal pengabdian masyarakat, dll. SMP diktis kemenag RI tahun 2019 diikuti oleh 118 peserta dari 38 ptkin se-indonesia 117 terdiri dari 1 rektor dr purwokerto 30 wakil rektor 3 dan struktural sebagai pendamping dan 86 para ketua senat mahasiswa dan dewan mahasiswa didampingi oleh kasi kemahasiswaan Amiruddin Kuba dipimpin oleh KASUBDIT, sarana prasarana dan kemahasiswaan, Ruchman Basori, M.Ag kunjungan pertama dari para tim student di negara kecil singapura. Read more

Penguatan Peranan Perempuan dalam Keluarga dan Masyarakat (LPPM)

Seminar Sehari dengan teme “Penguatan Peranan Perempuan dalam Keluarga dan Masyarakat” yang dilaksanakan Pusat Studi Gender Perempuan dan Anak pada LPPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon di gedung rektorat lantai 3 kampus setempat. Selasa (26/11)

Pusat Studi Gender Perempuan dan Anak pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar Seminar Sehari dengan teme “Penguatan Peranan Perempuan dalam Keluarga dan Masyarakat” di gedung rektorat lantai 3 kampus setempat. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 120 aktivis perempuan dari berbagai lembaga di Cirebon dan sekitarnya. Kegiatan tersebut bertujuan sharing bagaimana dalam ranah domestik atau keluarga serta peran perempuan di ranah publik. Sebgai narasumber kegiatan ini adalah H. Sukendar dari UIN Wali Songo Semarang dan Ellin Herlina Sumardi selaku praktisi psikologi. Selasa (26/11) Read more

Diesnatalis 18th KPI dan Workshop Cerdas Bermedia (KPI-FUAD)

Secara simbolis pembukaan kegiatan dengan memotong tumpeng oleh Dr. H. Hajam, M.Ag (Dekan) didampingi oleh H. Aan Mohamad Burhanudin, M.A dan Panitia. Selas (26/11).

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan Comunication Interest Contest (COMIC)  2019 di gedung ICC dengan tema ” Show Your Talent and Be Champion”, kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati hari lahirnya jurusan KPI yang ke 18. Pembukaan kegiatan tersebut diteruskan dengan Workshop Cerdas Bermedia dengan tema ” Perean Mahasiswa KPI dalam Menghadapi Tantangan Industri 4.0″ , sebagai narasumber  Ahmad Rofahan (wartawan Medcom ID Metro TV) dan Saefudin Moch (Akademisi IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Dalam rangka memeriahkan hut KPI yang ke18th ini juga digelar beberapa perlombaan seperti lomba hadrah, presenter, vocal group, ceramah, stand up, futsal dan bulutangkis yang dilombakan untuk umum, peserta berasal dari mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, santri, dan siswa SMA sederajat se wilayah Ciayumajakuning dengan jumlah sekitar 400 peserta. Kegiatan bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas mahasiswa KPI, mengenalkan jurusan KPI kepada khalayak umum yang cerdas, memiliki softskill dalam bermedia, menyampaikan nilai-nilai dakwah dan komunikasi dalam bentuk minat serta bakat mahasiswa, pelajar, dan santri, dan menjalin silaturahmi antar mahasiswa, dosen, dan alumni KPI. Kegiatan dihadiri oleh Dr.  H. Hajam, M.Ag (Dekan FUAD), H. Aan Mohamad Burhanudin, M.A (Kajur KPI), Asrianti Rosmaliyana, M.Ag (Sekjur KPI), Dosen KPI, Ketua Jurusan KPI, Perwakilan HMJ, Perwakilan SEMA dan Perwakilan DEMA.  Ketua pelaksana Denny Aulia. Selasa (26/11). Read more

Bahaya Ketergantungan Gadget dan Game Online Bagi Anak/Remaja (Seminar Sehari-LPPM)

Foto bersama narasumber dengan panitia Seminar tentang Bahaya Ketergantungan Gadged dan Game Online Bagi Anak atau Remaja, bertempat di gedung rektorat lantai 3.  Senin (25/11)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar Seminar tentang Bahaya Ketergantungan Gadged dan Game Online Bagi Anak atau Remaja, bertempat di gedung rektorat lantai 3. Kegiatan tersebut diikuti oleh 120 guru TK-SMP dan aktivis perempuan dan anak se Kota dan Kabupaten Cirebon. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dra. Elvi Hendrayani (Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pendidikan, Kreativitas, dan Budaya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI), Dodi Solihudin, ST, MT (Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Cirebon), Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag (Kepala LPPM) beserta staf jajarannya.  Senin (25/11) Read more

Sosialisasi Sistem Smart Campus dan Feeder Importer di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon (PTIPD)

Peserta antusias mengikuti Sosialisasi Sistem Smart Campus dan Feeder Importer untuk Pengembangan Tenaga Kependidikan di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon bertempat di gedung PTIPD lantai 2.
Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar Sosialisasi Sistem Smart Campus dan Feeder Importer untuk Pengembangan Tenaga Kependidikan di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon bertempat di gedung PTIPD lantai 2. Kegiatan tersebut diikuti oleh tenaga kependidikan dari 24 jurusan yang ada di IAIN Cirebon. Senin (25/11)

Read more