Senat Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon Gelar Raker bersama UKK dan UKM

Dr. H. Sumanta, M.Ag (Rektor) di dampingi Dr. Ilman Nafi’a (Warek III) dan Ketua Senat Mahasiswa Cicik Zakiyatur Rosyidah dan di hadiri oleh Narasumber  Kepala Sub Direktorat Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Dirjen Pendidikan Islam Agama RI, Ruchman Basori S.Ag., M.Ag pada kegiatan Rapat Kerja Senat Mahasiswa   

Senat Mahasiswa (SEMA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar Rapat Kerja bersama seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) – Unit Kegiatan Kampus (UKK) dan Dewa Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut di Hotel Ayong, Kuningan, Rabu – Jumat  (25-27/9).

UKM – UKK terdiri dari Teater Awal, Mahapeka, PSM, FK3, FATSOEN, HTQ, El – Fadh, Shabura, Bola Volly, Merpati Putih, Aa Boxer, PB Senja, Pramuka, KPM, MENWA, KOPMA, Senja Preneur hingga LDM. Acara ini dihadiri oleh pengurus SEMA Institut, 4 orang perwakilan dari masing-masing UKM – UKK dan 8 orang perwakilan DEMA Institut. Seperti yang dikatakan oleh Cicik Zakiyatur Rosyidah, selaku ketua SEMA IAIN Institut, kegiatan ini tidak dihadiri oleh semua pengurus UKM-UKK dan Dema Institut namun hanya bersifat delegasi.

FOTO BERSAMA. Pengurus SEMA, DEMA dan UKM – UKK IAIN Syekh Nurjati Crebion foto bersama usai rapat kerja di Kuningan.

Sesuai dengan temanya Mewujudkan Gerakan Visioner, Revolusioner, dan Sinergitas Seluruh UKM dan UKK bersama Birokrasi Keorganisasian Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. SEMA  menghadirkan 2 narasumber yaitu Kepala Sub Direktorat Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Dirjen Pendidikan Islam Agama RI, Ruchman Basori S.Ag., M.Ag dan Kepala Satuan Pengawasan Internal (SPI) IAIN Syekh Nurjati, H Mohamad Fitri S.Ag M.Akt serta pihak Rektorat dan Kemahasiswaan.

Acara ini berlangsung selama 3 hari, hari pertama penyampaian materi oleh kedua narasumber, hari ke 2 Rapat Kerja dan hari terakhir diisi oleh pembacaan SK Program Kerja sekaligus penutupan. Adapun tujuan diadakannya Rapat Kerja SEMA Institut, UKM – UKK dan DEMA Institut ini adalah untuk mendata program kerja seluruh UKM – UKK yang akan di laksanakan tahun 2019 sampai 2020. Untuk dapat mendukung seluruh kegiatan dan mempublikasikan ke seluruh mahasisawa IAIN mengenai agenda besar dari ormawa tingkat institut ini.

Dengan diadakannya kegiatan ini, Cicik juga berharap kegiatan ini dapat membentuk kegiatan IAIN yang didukung oleh semua kreatifitas UKM-UKK, DEMA dan SEMA IAIN Syekh Nurjati cirebon “Adapun output  kegiatan ini adalah seluruh UKM-UKK mengenal program kerja UKM-UKK lain, bisa saling suport dan bekerja sama dalam satu event gabungan,” tukas Cicik.

 

Ketua Jurusan Ilmu Hadis IAIN Syekh Nurjati Cirebon Hj. Anisatun Muthi’ah, M. Ag hadiri Seminar Internasional ASILHA

Prodi Ilmu Hadis merupakan prodi baru.  Prodi ini adalah baru berumur rata-rata belum genap sepuluh tahun. Hal tersebut merupakan pengembangan Jurusan Tafsir Hadis (TH) menjadi dua program studi yakni Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT) dan Ilmu Hadis (ILHA).  Perubahan tersebut menjadikan jumlah prodi terus berkembang yang sampai sekarang sudah mencapai 50 prodi baik S1, S2 maupun S3.

Perubahan di atas melahirkan wadah profesi akademik untuk menyalurkan beragam kebutuhan untuk memajukan prodi baru di atas. Hal inilah kemudian melahirkan sebuah perkumpulan yang diberi nama Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia yang dikenal dengan ASILHA.

Kegiatan ASILHA tahun 2019 memasuki tahun ke empat. Hal tersebut dimulai di UIN Yogyakarta tahun 2016, UIN Bandung 2017, UIN Surabaya di tahun 2018. Untuk tuan rumah tahun 2019 di  STDI Jember. Namun pembentukan asosiasi ini diinisiasi sejak tahun 2014. Sehingga di awal pembentukannya asosiasi telah mampu menyusun kepengurusan dan sekaligus legalitasnya yang telah memiliki akta notaris dan disyahkan oleh dirjen AHU Kemendagri.

Kegiatan tahunan keempat ini di tahun 2019 dibarengi dengan Internasional Seminar yang bertemakan tentang peranan ahli hadis klasik dan kontemporer dalam memerangi radikalisme. Sehingga kegiatan tanggal 20-22 September 2019 yang bertempat di Hotel Dafam Jember mendatangkan sejumlah ahli hadis dari beragam negara seperti Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Pakistan dan Indonesia. Mereka rata-rata memiliki keahlian di bidang hadis.

Sukses acara di atas merupakan kerja keras Civitas Akademika STDI Jember. Oleh karenanya Ketua Asilha Dr. H. Muhammad Alfatih Suryadilaga, S.Ag. M. Ag. dalam sambutan pada saat penutupan mengucupkan banyak terimakasih telah mampu dengan sangat baik melaksanakan kegiatan tahunan dan internasional seminar asosiasi Ilmu Hadis Indonesia (ASILHA) di Hotel Dafam Jember. Mereka itu antara lain ketua STDI Jember berikut wakil ketua dan Kaprodi Ilmu Hadis serta ketua panitia. Selain itu kepada semua yang terlibat langsung maupun tidak dalam kegiatan di kota terbesar ketiga di Jawa Timur ini.

Hal yang sama juga disampaikan kepada seluruh PTKI yang hadir yakni  terima kasih atas partisipasinya dalam kegiatan di Jember. Mereka delegasi yang hadir dari PTKI antara lain:  dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon (Kajur ILHA Hj. Anisatun Muthi’ah,  M. Ag dan Dosen ILHA Dr. Hj. Hartati, M.A), UIN Sumatera Utara, UIN Riau, UIN Padang, UIN Banten UIN Bandung, UIN Yogyakarta, UIN Surabaya, IIQ an-Nur Bantul, IAIN Kudus, IAIN Salatiga dan IAIN Jember, tuan rumah STDI Jember. Prodi yang ikut adalah S1 dan S3 yang mengkhususkan diri dalam pengkajian hadis di Indonesia melalui PT.

Dalam kesempatan yang sama ketua Asilha yang sekaligus ketua Prodi Ilmu Hadis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengumumkan pelaksanaan Annual Meeting kelima di Riau. Sehingga beliau mengucapkan  selamat berjumpa kembali pada pertemuan kelima  tahun 2020 UIN Sultan Qasim Riau Prodi Ilmu Hadis. Kegiatan tahun depan akan dilaksanakan dengan beragam perlombaan tentang hadis disamping seminar ilmiah.

Upgrading Ormawa F-ITK (Sema F-ITK)

Narasumber Drs. Sanusi, M.H (Kepaa Biro Humas dan Hukum, Sekretariat Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI) memaparkan materi pada kegiatan Upgrading ORMAWA F-ITK dengan tema ” Meningkatkan Sinergisitas Kepemimpinan Yang Intelektual, Kritis, kreatif, dan Religius” di aula gedung pascasarjana lantai 3. Senin (23/09)

Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (F-ITK) Periode 2019-2020 mengelar kegiatan  Upgrading ORMAWA F-ITK dengan tema ” Meningkatkan Sinergisitas Kepemimpinan Yang Intelektual, Kritis, kreatif, dan Religius“. Kegiatan tersebut diikuti oleh 280 peserta yang terdiri dari anggota ORMAWA F-ITK dan tamu undangan, kegiatan dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 23-24 September 2019 di aula gedung pascasarjana lantai 3.Kegiatan tersebut menghadirkan Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag (Rektor), Dr. H. Ilman Nafi’a, M.Ag (Warek III), Dr. H. Farihin Nur, M.Pd (Dekan F-ITK), Dr. H. Saefudin, M.Ag (Wadek III), Jajaran Ormawa dan Tamu undangan. Senin (23/09) Read more

Tuntutan Terhadap Pendidikan Berkualitas Pada Era Revolusi Insustri 4.0 (Studium General Program Pascasarjana)

Studium General dengan tema “Tuntutan Terhadap Pendidikan Berkualitas Pada Era Revolusi Insustri 4.0” dengan narasumber Prof. Dr. H. Muhamad, Ali, M.A. (Dirjen Pendidikan Islam pada Kementerian Agama RI) dan sebagai moderator Abdul Mubarok, S.I.P., M.Si. Sabtu (14/09)

Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar Studium General dengan tema “Tuntutan Terhadap Pendidikan Berkualitas Pada Era Revolusi Insustri 4.0” dengan narasumber Prof. Dr. H. Muhamad, Ali, M.A. (Dirjen Pendidikan Islam pada Kementerian Agama RI) dan sebagai moderator Abdul Mubarok, S.I.P., M.Si. Sabtu (14/09) Read more

Lewat ONGDP, Pramuka Siap Menjadi Generasi Milenial Berkarakter dan Berkepribadian luhur (UKK Pramuka)

df

Unit Kegiatan Khusus (UKK) Pramuka Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan Orientasi Nilai-Nilai Dasar Gerakan Pramuka (ONGDP) di gedung ICC kampus setempat dengan tema “Membangun Generasi Pramuka Milenial Yang Siap Bersaing Di Era Revolusi 4.0”. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni hari sabtu-minggu. Kegiatan tersebut  menghadirkan AKBP Suherman, S.K.I, M.Si (Kapolres Kabupaten Cirebon), AKBP. Roland Ronaldy, S.H., S.IK., M. PICT., M.ISS (Kapolres Cirebon Kota), AKBP Yaya Satyanegara, S.H (Kepala BNN Kota Cirebon), Tri Nopi Priyono (Ketua Perkumpulan PEKA), Riyadi Santoso, S.Pd (Annas Pembina Anggota Dewasa), Kak H. Baim, Setiawan (Ketua Harian Kwarda Gerakan Pramuka Jabar), Kak. Marbawi (Ketua Umum GNKRI), dan Sherly Annavita Rahmi & Ridwan Saputra, S.Ip (Millennials Influenceer). Sabtu (14/9/2019). Read more

IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mendapat Hibah Bus dari KEMENHUB RI (Studium General)

Secara simbolis Irjen. Pol. Drs. Budi Setiadi, S.H,. M.Si (Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia) memberikan hibah kepada IAIN Syekh Nurjati Cirebon bus yang diserahkan langsung kepada Dr. H. Sumanta Hasyim. M,Ag (Rektor) didampingi jajaran pimpinan. Sabtu (14/09)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan Stadium General bertema ‘Membangun SDM Unggul dalam Bingkai NKRI’ di lantai 4 gedung pascasarjana. Sebagai narasumber kegiatan tersebut Irjen. Pol. Drs. Budi Setiadi, S.H,. M.Si (Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia). Sebagai narasumber beliau memberikan materi tentang ‘Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Milenial dalam Menghadapi Tantangan Era 4.0’.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan tentang 4 pilar yaitu : Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Studium Genel ini berjalan sukses, peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias, kemudian diberikan beberapa pertanyaan seputar materi yang telah diberikan. Peserta yang bertanya diberikan hadiah sesuai dengan kualitas pendapat seputar materi tersebut diberi hadiah langsung handphone (untuk pendapat terbaik pertama), helm ( untuk pendapat terbaik kedua) dan miniatur bus (untuk pendapat terbaik 3). Dan akhirnya secara simbolis Irjen. Pol. Drs. Budi Setiadi, S.H,. M.Si (Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia) memberikan hibah kepada IAIN Syekh Nurjati Cirebon bus yang diserahkan langsung kepada Dr. H. Sumanta Hasyim. M,Ag (Rektor). Sabtu (14/9/2019). Read more

BNN Bekali Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon tentang Bahayanya Narkoba (Studium General)

Irjen. Pol. Drs. Anjan Pramuka, M.Hum (Deputi Pencegahan) menjelaskan jenis-jenis narkoba serta menerangkan bahayanya bagi manusia pada Stadium General bertema ‘Membangun SDM Unggul dalam Bingkai NKRI’ di lantai 4 gedung pascasarjana. Sabtu (14/09)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan Stadium General bertema ‘Membangun SDM Unggul dalam Bingkai NKRI’ di lantai 4 gedung pascasarjana. Sebagai narasumber kegiatan tersebut Kompjen. Pol. Drs. Heru Winarko, S.H (Kepala Badan Narkotika Nasional ) yang diwakili Irjen. Pol. Drs. Anjan Pramuka, M.Hum (Deputi Pencegahan). Kegiatan tersebut diikuti oleh sebagian besar mahasiswa IAIN Syekh nurjati cirebon dan tamu undangan. Sabtu (14/09) Read more