DISKUSI BULANAN (DILAN) PART 1 DEWAN MAHASISWA FSEI

Foto bersama peserta diskusi bulanan dengan pemateri di Auditorium SBSN FSEI Lt.4. Kamis, (27/06/2019)

Dewan Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon gelar kegiatan Diskusi Bulanan (Dilan) Parti 1 dengan tema ” Sekolah HAM” dengan pemateri Dianto Bachriadi, Ph. D,  yang di hadiri oleh seluruh pengurus dewan mahasiswa FSEI dan seluruh mahasiswa di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon di Auditorium SBSN FSEI Lt.4. Kamis, (27/06/2019)

Dilan (Diskusi Bulanan) merupakan salah satu program kerja dari Dinas Pendidikan Dewan Eksekutif Mahasiswa FSEI, yang merupakan kegiatan diskusi bulanan yang diadakan  satu kali dalam satu bulan, dengan mengambil berbagai tema yang menarik,  untuk didiskusikan dalam upaya meningkatkan integritas mahasiswa, serta untuk mengasah sikap kritis , demokratis dan menciptakan kepekaan terhadap permasalahan yang ada disekitarnya.

Sasaran kegiatan diskusi bulanan ini merupakan mahasiswa FSEI, dengan harapan baik pengurus maupun mahasiswa di lingkungan FSEI mampu meningkatkan integritas keilmuannya baik di bidang keilmuan akademik maupun non akademik.

Penyampain materi oleh Dianto Bachriadi, Ph. D pada kegiatan diskusi bulanan Dewan Mahasiswa FSEI di Auditorium SBSN FSEI Lt.4. Kamis, (27/06/2019)

 

kegiatan diskusi bulanan Dewan Mahasiswa FSEI di Auditorium SBSN FSEI Lt.4. Kamis, (27/06/2019)

 

 

 

PRODI SKI KUPAS TUNTAS KONFLIK PALESTINA DALAM LAUNCHING PROGRAM SERIAL DISKUSI BULANAN

Diskusi bulanan Program Studi (Prodi) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Rabu (26/06/2019).

Wacana tentang kemerdekaan Palestina seakan tidak pernah habis untuk diperbincangkan. Isu ini di satu sisi sangat bersentuhan dengan persoalan-persoalan kemanusiaan, tetapi di sisi lain syarat dengan konflik kepentingan politik, baik dalam skala lokal Palestina, maupun skala internasional. “Setiap negara, ragam ideologi, dan bahkan kelompok masyarakat sangat berkepentingan dengan isu Palestina ini”, ungkap Gumilar Irfanullah, Lc., M.Si., (CPNS Dosen SKI, Alumni Timur Tengah) yang menjadi pembanding dari pemateri utama, Zaenal Masduqi, S.Ag., M.A. (Dosen SKI)

Read more

UJIAN KOMPETENSI PPTQ IAIN SYEKH NURJATI CIREBON TAHUN 2018/2019 (simulasi)

Suasana Simulasi Pengujian Tulis

Ma’had al Jami’ah (Ma’had) dan Pusat Pendidikan Tahfiz Alqur’an (PPTQ) Institut Agma Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan Simulasi Pengujian Al-Qur’an Tulis dan Lisan : Evaluasi tulis tajwid, praktek membaca Al Qur’an, diskusi dan tanya jawab. Kegiatan tersebut diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, CPNS di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dosen Tutor dan Musrif. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Gedung Rektorat Lantai 3 dan sebagai penanggung jawab kegiatan Drs. H. Amir, M.Ag (Direktur Ma’had).  Selasa (25/06).

 

Penyempurnaan Penataan Home Base Dosen  di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon (RAPIM)

Rapat Pimpinan (RAPIM)  dihadiri unsur pimpinan IAIN Syekh Nurjati Cirebon guna membahas tentang penyempurnaan penataan Home Base dosen  di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dalam rangka optimalisasi proses pembelajaran di tingkat program studi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar Rapat Pimpinan (RAPIM) guna membahas tentang penyempurnaan penataan Home Base dosen  di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dr. Syaifuddin Zuhri, M.Ag., Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Syekh Nurjati Cirebon, menuturkan bahwa penataan Home Base hasil penetapan terakhir perlu disempurnakan seiring dengan perkembangan kebutuhan di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Hasil penyempurnaan ini diharapkan dapat segera ditetapkan secara permanen agar menjadi acuan bersama bagi civitas academica di lingkuan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Selasa pagi (25/06) Read more

Studi Banding STIESA Subang ke Laboratorium Bank Mini FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Mahasiswa STIESA Subang melakukan studi banding ke laboratorium bank mini Perbankan Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI), IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Selasa (25/06/2019)

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja Subang (STIESA) melakukan studi banding ke laboratorium bank mini jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Selasa (25/06/2019)

Peserta studi banding  ini adalah mahasiswa jurusan Akuntansi semester IV STIESA Subang. Studi Banding dilakukan sebagai bentuk kerjasama antara STIESA Subang dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon terutama terkait praktikum di laboratorium bank mini Perbankan Syariah.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Aan Jaelani, M.Ag (Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam), Leliya, SH., MH (Kepala Laboratorium Perbankan Syariah), Sri Mulyati, SE., M.Si (Kepala Badan Penjaminan Mutu STIESA Subang), Bambang Sugiharto, SE., M.Si (Koordinator Program Unggulan STIESA Subang).

Dekanat, Pimpinan Jurusan dan Kepala Laboratorium di lingkungan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, juga menghadiri kegiatan ini. Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Dr. Aan Jaelani, M.Ag. Dilanjutkan oleh sambutan Kepala Badan Penjaminan Mutu STIESA Subang, Sri Mulyati, SE., M.Si, penyampaian selayang pandang bank mini oleh Kepala Laboratorium Perbankan syariah Leliya, SH., MH, Penutupan dan Doa oleh Ketua Jurusan Perbankan Syariah, Eef Saefulloh, M.Ag. Selanjutnya Tim STIESA Subang melakukan studi ke laboratorium bank mini Perbankan Syariah.  Read more

DONOR DARAH MAHAPEKA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Mahasiswi pendonor di acara Donor Darah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Senin (24/06/2019)

UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Mahapeka (Mahasiswa Pecinta Kelestarian Alam)  IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan kegiatan donor darah yang bertempat di halaman parkir kampus utama.  Senin (24/06/2019).

Donor darah di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan kegiatan rutin pertiga bulan yang diadakan oleh UKM Mahapeka bekerja sama dengan PMI Kabupaten Cirebon.  Kegiatan ini diperuntukan bagi seluruh civitas akademika di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dalam setiap kegitan donor darah respon dan antusias seluruh civitas akademika sangat bagus.

Menurut David Faturokhman (PMI Kabupaten Cirebon), syarat  untuk menjadi pendonor adalah usia minimal 17 tahun,  berat badan minimal 45 kg, berbadan sehat, kemudian pengecekan Hemoglobin dan tekanan darah.

Ahmad Rifai (ketua UKM Mahapeka IAIN Syekh Nurjati Cirebon) menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini adalah agenda rutin UKM mahapeka sejak 1996, tujuannya sebagai UKM Pecinta Alam yang ingin melakukan kegiatan yang sifatnya sosial.

Kegiatan donor darah ini merupakan bentuk dari implementasi Tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, dan juga sesuai dengan PP No. 2 tahun 2011 tentang pelayanan donor darah oleh Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai tujuan sosial dan kemanusiaan. Read more