Revisi dan Submit Borang 7 Standar (LPM)

Toheri, M.Pd (Narasumber), didampingi Dr. Kartimi, M.Pd (Kepala LPM) menyampaikan strategi penyusunan revisi borang pada kegiatan tersebut di ruang senat gedung rektorat lt.2. Senin (13/01)

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan  Penetapan Agenda Revisi dan Submit Borang 7 Standar bertempat di ruang senat lt.2 gedung rektorat. Kegiatan tersebut dijadwalkan diikuti  43 peserta yang terdiri dari Dekan dan Wadek (FITK dan FUAD), Kajur, Sekjur (MPI,TIPS, TMTK, TBIO, IAT, ILHA, TBING), Gugus Mutu dan wakil dosen per jurusan. Selaku narasumber Toheri, M.Pd dan sebagai ketua pelaksana Dr. Kartimi, M.Pd (Kepala LPM). Senin (13/01) Read more

Peresmian Launching Ruang Jurnal dan Pelatihan Dasar OJS Berbasis Daring di Fakultas UAD

Secara simbolis peresmian Launching Ruang Jurnal dan Pelatihan Dasar OJS Berbasis Daring dengan pemotongan pita oleh Dr. Hajam, M.Ag (Dekan FUAD),  Dr. Arief Rachman, M.Si (Wadek 1) Serta Ahmad Arifuddin, M.Pd. (Narasumber).

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon meresmikan ruangan jurnal yang bertempat di gedung Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD),Dekan FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dr. Hajam, M.Ag mengakatan, peresmian ini adalah salah satu upaya untuk memfasilitasi fakultas agar dapat eksis dan sukses dalam pengelolaan jurnal. Pasalnya, kualitas jurnal yang dihasilkan akan menjadi cerminan dari kualitas jurusan, fakultas, maupun institut. Senin (13/01/2020).

“Peresmian ruang jurnal ini untuk memfasilitasi FUAD agar bisa eksis dan sukses dalam pengelolaan jurnal. Karena jurnal ini bagian tak terpisahkan dari mutu akademik, baik jurusan, fakultas maupun institut,” (Dekan FUAD).

Bahkan, menurut Dr. Hajam, M.Ag icon dan grade suatu perguruan tinggi salah satunya dilihat dari kualitas jurnal yang dibuat,  sebagai pimpinan di fakultas tersebut, dirinya berkewajiban mewadahi dan memfasilitasi sarana dan prasarananya.

“Alhamdulillah sudah dibuat (ruangan jurnal) walaupun masih sederhana. Ini untuk mewadahi. Seperti untuk mengedit, mengumpulkan beberapa tulisan, juga untuk upload, submit dan sebagainya. Karena ini sekarang serba online yang membutuhkan peralatan IT dan ruangan untuk memprosesnya. Jadi harus ada peralatan memadai yang representatif,” (Dekan FUAD). Read more

TRUPP IAIN Syekh Nurjati Cirebon Berkunjung Ke Pemrov Jabar

ROMBONGAN IAIN Syekh Nurjati Cirebon melakukan kunjungan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan berhasil ditemui Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Senin (6/1/2020)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon terus menggenjot agar proses transformasi dari IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (IAIN) dapat segera terwujud. Rombongan IAIN Syekh Nurjati Cirebon  terdiri dari rektor Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag, wakil rektor II Dr H Adib MAg, Kepala Biro (Kabiro) Administrasi Umum Akademik dan Keuangan (AUAK) Drs. H. Subarja, M.Pd, dan sejumlah pejabat IAIN Cirebon lainnya berhasil ditemui Kepala Dinas Pendidikan dan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat. Kunjungan ini untuk meningkatkan sinergitas antara IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan Pemprov Jabar dalam membangun infrastruktur demi meningkatkan indeks pembangunan manusia di Jawa Barat, khususnya yang ada di wilayah timur provinsi ini,”.  Senin (06/12) Read more

Kunjungan ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sebanyak 25 pegawai dari bagian umum dan humas IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang dipimpin oleh Hasyim, S.E (Kasubbag Umum) melakukan studi banding dan konsultasi tentang Penghapusan Barang Milik Negara (BMN) dan sistem kearsipan ke Jogyakarta, Jawa Tengah, selama dua hari, Minggu-Selasa, Januar Fey, ST (Bagian Penyusunan Bahan-Bahan Kerjasama, Bidang Umum, IAIN SNJ Cirebon) menyatakan, kegiatan studi banding ini intinya adalah untuk konsultasi menyangkut BMN dan Kearsipan. Dan UIN Jogyakarta menjadi pilot projek dan diakui oleh seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.  Selasa (5-7/01/2020).

Read more

Dosen FUAD Menjadi Peserta PIN-MB Nasional

Mohamad Andi Hakim (Dosen BSA) dan Hasbiyallah (Dosen SKI) menerima bimbingan dari unsur pimpinan mewakili IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi peserta Pendidikan Instruktur Nasional Moderasi Beragama (PIN-MB). (27-31/12).
Bertepatan dengan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke 74, IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyambut baik inisiatif berdirinya rumah moderasi beragama. Seperti dilansir pada pemberitaan sebelumnya, PTKIN satu-satunya di Wilayah III Cirebon tersebut mengutus dua orang dosennya untuk mengikuti Pendidikan Instruktur Nasional Moderasi Beragama (PIN-MB) pada 27-31 Desember lalu.

Read more

Kunjungan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag RI ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan MoU

Foto bersama penyerahan dokumen MoU kepada Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag didampingi Dr. H. Adib, M.Ag  oleh  Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag, (Direktur Jendral Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama RI)  dan Kakanwil Jawa Barat. Selasa (31/12).
Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag menerima kunjungan Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag, (Direktur Jendral Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama RI)  dan Kakanwil Jawa Barat beserta rombonganny di aula gedung rektorat lantai 3. kunjungan tersebut menindaklanjuti permintaan Kakanwil Jawa Barat kepada IAIN Syekh Nurjati Cirebon terkait Sertifikasi Manasik Haji. Dalam kunjungan ini juga diadakan penandatanganan MoU Penyelenggaraan Sertifikasi Manasik Haji IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2020-2024. Selasa (31/12).

Read more

LPTKIN Syekh Nurjati Cirebon Kukuhkan 170 Guru Profesional Program PPG (FITK)

Dr. H. Farihin Nur, M.Pd (Dekan FITK) mengukuhkan 170 pesreta PPG  bertempat di ballrom Grand Tryas Hotel Cirebon. Rabu (30/12)
Lembaga Pendidiikan dan Tenaga Kependidikan Islam Negeri (LPTKIN) Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan pengukuhan guru profesional Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Ballroom Grand Tryas Hotel, Peserta sebelumnya ditentukan oleh Kementerian Agama, mereka adalah guru yang sudah mengajar di sekolah dan sudah mendaftar yang kemudian masuk dalam daftar tunggu untuk mengikuti PPG di tahun 2019 dan yang masuk dalam daftar tunggu, 170 peserta yang terdiri dari 90 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan 80 guru madrasah. Mereka berasal dari berbagai wilayah di Jawa Barat dan sebagian dari Jawa Tengah. Cirebon (30/12)

Read more

Sambut HAB Kemenag RI di IAIN SNJ Dimeriahkan dengan Berbagai Lomba.

Hari Amal Bakti (HAB) ke 74 Kementerian Agama Republik Indonesia dengan tema “Umat Rukun Indonesia Maju” dimeriahkan oleh Sivitas Akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN ) Syekh Nurjati Cirebon. Sivitas Akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar beberapa perlombaan seperti lomba tenis meja, futsal, volly dan jalan santai yang dilaksanakan di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Rabu (02/01).

Read more

Hj. Selly Andriany Gantina (Anggota DPR RI Komisi VIII) siap dukung IAIN Menjadi UIN

Hj. Selly Andriany Gantina (Anggota DPR RI Komisi VIII) menyampaikan dukungannya terkait transformasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi UIN.
Hj. Selly Andriany Gantina (Anggota DPR RI Komisi VIII) melakukan kunjungan ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, Beliau langsung disambut oleh Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag (Rektor), Drs. H.  Subarja, M.Pd (Kepala Biro AUAK), Dr. H. Saefudin Zuhri, M.Ag (Warek I), Dr. H. Adib, M.Ag (Warek II), Dr. H. Ilman Nafi’a, M.Pd (Warek III) dan jajaran pimpinan IAIN Syekh Nurjati Cirebon bertempat di ruang senat gedung rektorat IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Jum’at (27/12).

Read more

Seminar Nasional Literasi “Al Qur’an untuk Anak Usia Dini”. (PIAUD)

Prosesi penandatanganan MoU antara Tadris Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Singaperbangsa Karawang. Senin (23/12)

Tadris Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Singaperbangsa Karawang menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam rangka pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Selanjutnya diadakan  Seminar Nasional Bersama  dengan tema ” Literasi Al Qur’an untuk Anak Usia Dini” bertempat di gedung pascasarjana lantai 3. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dr. H. Saefudin, M. Ag (Wadek FITK) beserta staf dan dosen FITK, dari pihak Singaperbangsa Lilis Karyawati, M.Ag beserta staf jajarannya dan mahasiswa. Sebagai narasumber kegiatan tersebut Lilis Karyawati, M.Ag (Narasumber dari Universitas Singaperbangsa Karawang) dan Prof Dr. Hj. Eti Nurhayati, M.Si (Narasumber dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Kegiatan tersebut diikuti 262 peserta yang terdiri 200 peserta dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan 62 peserta dari Universitas Singaperbangsa Karawang. Senin (23/12)