Pengumuman Pendaftaran SPMB Mandiri 2019

Berdasarkan Keputusan Rektor Nomor: 1936/In.08/PP.00.9/04/2019 tentang Kalender Akademik IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun Akademik 2019/2020, bahwa Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri 2019 dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut.

Jadwal SPMB Mandiri 2019

Pendaftaran 28 Mei – 05 Juli 2019
Pembayaran 28 Mei – 05 Juli 2019
Pencatakan Kartu Ujian Mulai 24 Juni 2019
Tes Tertulis 17 Juli 2019
Pengumuman 26 Juli 2019

Prosedur Pendaftaran SPMB Mandiri 2019

1

Calon Mahasiswa mendaftarkan diri secara online melalui laman sc.syekhnurjati.ac.id/spmb dengan cara memilih menu Pendaftaran Mahasiswa Baru lalu mengisi NIK, Nama, Email dan Pilihan Jurusan yang menjadi prioritas. Catat ID Peserta/PIN dan Password kemudian klik Simpan Pendaftaran.

2

Calon Mahasiswa melanjutkan pendaftaran online di sc.syekhnurjati.ac.id/spmb dengan memilih menu Login kemudian memasukkan ID Peserta dan Password lalu klik Submit. Melengkapi (1) Biodata, (2) Penelusuran Ekonomi (3) Foto, (4) Surat Keterangan Penghasilan, dan (5) Surat Pernyataan Kebenaran Data, kemudian mencetak bukti pendaftaran online untuk mendapatkan kode biller pembayaran biaya pendaftaran. Contoh Surat Keterangan Penghasilan dan Surat Pernyataan Kebenaran Data

Untuk melengkapi data penelusuran ekonomi, calon mahasiswa harus mengunggah file (1) Kartu Keluarga, (2) KIP atau SKTM jika punya, (3) Bukti Pembayaran/Pembelian Listrik jika menggunakan listrik, (4) Bukti Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan jika ada, (5) Foto Rumah Tampak Depan jika rumah keluarga, dan (6) Surat Keterangan Yatim jika yatim, piatu atau yatim piatu.

3

Calon Mahasiswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000,- di Bank Mandiri sesuai kode biller yang tertera pada bukti pendaftaran online.

4

Calon Mahasiswa mencetak Kartu Ujian melalui sc.syekhnurjati.ac.id/spmb dengan ID Peserta dan Password yang tertera pada bukti pendaftaran online 3 (tiga) hari setelah pembayaran.

5

Calon Mahasiswa mengikuti Ujian Tertulis pada 17 Juli 2019 sesuai jadwal yang tertera pada Kartu Ujian dan membawa Kartu Ujian, Kartu Identitas, Ijazah/SKL dan Alat Tulis yang diperlukan.

Jum’at Sehat di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Para ASN di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon setiap hari Jum’at pagi melakukan kegiatan olahraga. Kegiatan ini diharapkan memberi manfaat kepada para ASN di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon terutama yang terkait dengan kesehatan jasmani. Pada kegiatan olahraga ini, ada beberapa jenis olahraga yang dilakukan para ASN di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, diantaranya olahraga Lari, Senam, Tenis Meja, Bulutangkis dan Futsal. Terlihat para ASN di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon sangat antusias dalam melakukan kegiatan olahraga ini. Dengan kegiatan olahraga tiap hari Jum’at ini selain mampu meningkatkan kesehatan jasmani para ASN juga bisa meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan antar ASN di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Sosialisasi Program PLP Bagi Dosen Pembimbing di Lingkungan F-ITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Sambutan sekaligus pembukaan kegiatan Workshop Sosialisasi Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Bagi Dosen Pembimbing di Lingkungan F-ITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon oleh Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag (Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (F-ITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar Workshop Sosialisasi Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Bagi Dosen Pembimbing di Lingkungan F-ITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan tema “Tantangan Pengembangan Profesionalisme dan Kompetensi Calon Guru Lulusan FITK di Era Pendidikan Berbasis Standar” di Hotel Tryas Cirebon. Kegiatan kali ini dihadiri Tamu Undangan diantaranya yaitu Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag (Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon), Drs. Subarja, M.Pd (Karo AUAK IAIN Syekh Nurjati Cirebon), H. Mohamad Fitri, S.Ag., M.Ak. (Ketua SPI), Kamalul Iman Billah, S.Ag., M.A., M.Ak. (Sekertaris SPI) dan Sebagai Pemateri yaitu Dr. Abdul Rozak, M.Si (Dosen UIN Syarif Hidayatullah / Ketua Pokja Program Sertifikasi Guru Kemenag RI). (Kamis, 13/06/2019) Read more

Pelaksanan Evaluasi BKD (LPM)

Sambutan Dr. Kartimi, M.Pd (Ketua LPM) didampingi Hasan Saefuloh, M.Ag (Penasehat LPM), Toheri, S.Si., M.Pd (Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu) dan Yeti Nurizzati, M.Si (Sekretaris LPM) pada kegiatan Pelaksanaan Evaluasi Beban Kerja Dosen (BKD)  dengan tema “Sosialisasi Panduan Kerja BKD (Edisi Revisi)” di Aula Gedung Rektorat lantai 3, kegiatan tersebut dihadiri oleh para dosen di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan Pelaksanaan Evaluasi Beban Kerja Dosen (BKD)  dengan tema “Sosialisasi Panduan Kerja BKD (Edisi Revisi)” di Aula Gedung Rektorat lantai 3, kegiatan tersebut dihadiri oleh para dosen di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sebagai narasumber kegiatan Dr. Kartimi, M.Pd (Ketua LPM), Hasan Saefuloh, M.Ag (Kepala Pusat Pengendalitan Mutu), Toheri, S.Si., M.Pd (Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu) dan Yeti Nurizzati, M.Si (Sekretaris LPM). Read more

Pengumuman Pengambilan Ijazah Wisuda XIX

Dengan ini diumumkan ketentuan pengambilan Ijazah Wisuda Program Sarjana & Magister XIX dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Pengambilan Ijazah di Bagian Akademik dan Kemahasiswaan mulai 13 Juni 2019 sampai 30 Agustus 2019 dengan menunjukkan Bukti Pendaftaran Wisuda XIX dan Identitas Diri (KTP/SIM).
  2. Pengambilan Ijazah tidak boleh diwakilkan, kecuali kepada anggota keluarga yang bersangkutan, yang diberikan surat kuasa yang ditandatangani oleh pemberi kuasa di atas materai 6000 dan yang menerima kuasa, serta menunjukkan identitas (KTP/SIM) masing-masing yang memberi dan menerima kuasa.
  3. Pengambilan Ijazah tidak dipungut biaya.

Demikian pengumuman ini dibuat, agar diperhatikan dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 “Kita Indonesia, Kita Pancasila”

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 IAIN Syekh Nurjati Cirebon dihadiri segenap civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag (Rektor) selaku Pembina Upacara memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 dengan tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila” bertempat di lapangan upacara IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 dengan tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila” bertempat di lapangan upacara IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 IAIN Syekh Nurjati Cirebon dihadiri segenap civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sabtu (1/6/2019). Read more

HALAL BIHALAL CIVITAS AKADEMIKA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON TAHUN 2019

Halal bihalal civitas akademika di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, (10/06/2019)

Segenap civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan acara halal bihalal.  Acara ini juga dihadiri Irjen Kemenag RI guna memantau kedisiplinan ASN pada hari pertama kerja pasca cuti bersama hari raya idul fitri 1440 H di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Senin, (10/06/2019)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada acara halal bihalal ini dijadikan segenap civitas akademika sebagai momen silaturahmi dan saling bermaafan. Hal ini sesuai dengan sambutan Rektor pada acara halal bihalal ini yaitu, “Tebarkanlah kedamaian, tunaikan zakat dan jagalah tali silaturahmi”.

Halal bihalal memang sering dimaknai sebagai silaturahmi dan saling memaafkan, sesuai dengan Hadits Nabi Muhammad SAW berikut:

Tidak ada dua orang muslim yang bertemu kemudian bersalaman kecuali dosa keduanya diampuni oleh Allah SWT sebelum mereka berpisah“. (HR. Tirmidzi)

Selain dalam Hadits, di dalam Al-Quran juga dijelaskan pentingnya makna halal bihalal. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-A’raf ayat 199:

Jadilah seorang yang pemaaf, perintahkanlah kepada apa yang ma’ruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang belum mengerti“.

Jadikanlah acara halal bihalal yang penuh dengan nuansa keakraban dan kekeluargaan ini sebagai sebuah energi positif untuk kita semua. Dengaan itu, komunikasi dan kerjasama bisa terbangun dengan baik. Pada akhirnya hal tersebut akan membawa dampak positif bagi keberlangsungan institusi tercinta kita ini, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin. (HH) Read more

Semangat ASN Pada Hari Pertama Pasca Libur Hari Raya Idul Fitri

 

Antusiasme ditandai dengan antrian para ASN untuk absen finger print di dihari pertama kerja di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Antusiasme ditandai dengan antrian para ASN untuk absen manual di dihari pertama kerja di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Terhitung dari tanggal 3 hingga 7 Juni 2019 adalah waktu yang ditetapkan pemerintah untuk libur Hari Raya Idul Fitri. Semangat ASN (Aparatur Sipil Negara) pada hari pertama pasca libur hari raya Idul Fitri di lingkungan IAIN Syeh Nurjati Cirebon. Antusiasme ditandai dengan antrian para ASN di depan mesin pencatat kehadiran dan absen manual. Antrian tersebut menjadi bukti bahwa selain mengikuti kebijakan yang ditetapkan, mereka juga mencintai pekerjaannya. Sehingga pemerintah/instansi tak perlu meragukan integritas para ASN karena mereka selalu siap diandalkan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Mulai hari ini ASN kembali mengabdi kepada Negeri. Libur hari raya idul fitri tidak mengurangi rasa tanggung jawab yang besar untuk menjadikan Indonesia lebih baik. Senin (10/06).