STUDIUM GENERAL

Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (F-UAD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar Studium General dengan tema “Digitalisasi Hadist Era Milenial”  bertempat di Auditorium Gedung F-UAD lantai4 dihadiri Dr. H. Hajam, M.Ag (Dekan F-UAD), Wakil Dekan 1,2,3, Kabag F-UAD, Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan di Lingkungan F-UAD, para dosen dan mahasiwwa di lingkungan F-UAD. Tujuan diadakan kegiatan tersebut adalah agar mahasiswa bisa memahami program digitalisasi hadis yang diluncurkan F-UAD. Sebagai narasumber Dr. KH. Ahmad Lutfi Fathullah, MA. Penanggung jawab kegiatan Lukman Zain, MS.MA (Ketua Pelaksana), Rabu (19/09).

Jurusan Ilmu Hadits mimiliki tugas melaksanakan tridarma perguruan tinggi, salah satunya yaitu pendidikan dan pengajaran. Untuk memperlancar kegiatan ini dibutuhkan suatu penguatan dibidang metodologi dan kajian ilmu dan pengetahuan dari para tokoh diantaranya dengan melaksanakan Stadium General ditingkat jurusan. Studium general merupakan kegiatan yang dapat memberikan penguatan kompetensi keilmuan civitas akademik IAIN Syekh Nurjati  Cirebon, khususnya di bidang kajian hadis berbasis digital, kegiatan ini dilakukan satu tahun sekali.

Dr. KH. Ahmad Lutfi Fathullah, MA  (narasumber) didampingi Dr. H. Hajam, M.Ag (Dekan F-UAD) pada kegiatan F-UAD  Studium General dengan tema “Digitalisasi Hadist Era Milenial”  bertempat di Auditorium Gedung F-UAD lantai4. 

Read more

Akreditasi Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (F-UAD).

Jurusan Bimbingan Koseling Islam (BKI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (F-UAD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan kegiatan dengan tema “Akreditasi dan Assesment Lapangan” selama dua hari di ruangan Kepala Jurusan BKI di Gedung F-UAD. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Drs. Saefudin Zuhri, M.Ag (Warek I), Dr. H. Farihin,M.Pd (Warek III), Dr. H. Hajam, M.Ag (Dekan F-UAD), user dan para alumni Jurusan Bimbingan Konseling Islam. Kegiatan ini bertujuan untuk akreditasi Jurusan BKI agar memperoleh Akreditasi yang baik dan unggul  (16-18/09).

Kegiatan tersebut menghadirkan Dr. Arief Subhan, M.Ag (Assesor dari UIN Jakarta) dan Dr. Casmini, M.Si (Assesor dari UIN Yogyakarta), masing-masing assesor  menanyakan kepada peserta seputar materi assesment dengan menanyakan langsung kepada user dan alumni sehingga mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan Jurusan Bimbingan Konseling Islam seperti visi dan misi Jurusan BKI terhadap mahasiswa/alumni dan masyarakat yang menggunakan lulusan BKI (user).

Foto bersama peserta Assesment dengan narasumber pada kegiatan dengan tema “Akreditasi dan Assesment Lapangan”.

Read more

WORKSHOP Keprotokolan dan Public Speaking

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan  dengan tema “Keprotokolan dalam Dunia Mahasiswa”  bertempat di Aula Gedung SBSN lantai 4, kegiatan tersebut dihadiri 95 peserta, kamis(13/09).

Tujuan diadakannya kegiatan adalah untuk memperkenalkan  keprotokolan kepada mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon serta umumnya bagi peserta luar kampus dan mempraktekan dalam kehidupan sehari-hari, memperkenalkan dan melatih etika, aturan dan mengaplikasikan tata aturan public speaking di kalangan mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Tamu undangan/narasumber yang hadir Bpk. Drs. Farihin, M.Pd (Warek III), Bpk. Faisal Amir, S.St (perwakilan tim protokoler Kab. Cirebon), Bpk. Adhe Opic (Speaker Nasional),  Bpk. Fahrul Saleh, M.Pd (selaku perwakilan pembina KPM) dan seluruh ketua/perwakilan UKM dan UKK IAIN Syeh Nurjati Cirebon.

Foto bersama peserta kegiatan workshop beserta narasumber pada kegiatan “Keprotokolan dalam Dunia Mahasiswa”  bertempat di Aula Gedung SBSN lantai 4, kegiatan tersebut dihadiri 95 peserta, kamis(13/09).

Read more

WORKSHOP Akreditasi Prodi PTKIN/Institusi

Lembaga Penjamin Mutu IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan dengan tema kegiatan “Workshop Akreditasi Prodi PTKIN/Institusi” di Hotel Resort Prima Kuningan selama 2 (dua) hari bertempat di Hotel Resort Prima Kuningan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah tercapainya akreditasi prodi yang meningkat dari sebelumnya dan tercapainya akreditasi institusi yang unggul. Kegiatan tersebut dibuka oleh Drs. H. Akso, M.Pd (Kepala Biro AUAK) dan  menghadirkan Asep Rizki, S.Pd (peserta dari luar IAIN), Dr. Suprapto,P.Hd (Narasumber) dan dihadiri 40 peserta yang terdiri dari perwakilan prodi dan jajaran tenaga pendidik di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sebagai penanggung jawab kegiatan Dr. Septi Sumiandari, M.Ag (Ketua LPM), Jumat-Sabtu(14-15/08).

Hari Pertama dalam sambutannya Dr. Suprapto, P.Hd mengkritisi setiap standar barang akreditasi sebagai upaya mencapai nilai maksimal dengan syarat dilengkapinya dokumen dan lengkapnya narasi yang ada di barang akreditasi. Peserta dari tim penyusun barang akreditasi standar 1  dan standar 2 dipaparkan oleh perwakilan peserta yaitu Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd (memaparkan standar 1) dan Dr. Ibu Emah Khuzaemah, M.Pd (memaparkan standar 2), setiap item penilaian dikritisi langsung oleh narasumber agar dilengkapi dokumen dan narasi seperti dokumen link pendukung. Hari kedua presentasi barang akreditasi standar 3, 4, 5, 6 berjalan lancar dan dinyatakan lengkap sehingga diperoleh hasil predikat unggul.

Foto bersama peserta kegiatan dan narasumber pada kegiatan “Workshop Akreditasi Prodi PTKIN/Institusi” di Hotel Resort Prima Kuningan.

Read more

Gerakan Pramuka sebagai Perekat NKRI dan Wadah Pembentukan Kader Pemimpin Bangsa

Kesambi, Pramuka Gugus Depan IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan Orientasi Nilai-Nilai Dasar Gerakan Pramuka (ONGDP) 2018 di gedung IAIN Cirebon Center (ICC), Sabtu(08/09). Kegiatan tersebut bertema “Gerakan Pramuka sebagai Perekat NKRI dan Wadah Pembentukan Kader Pemimpin Bangsa” yang berlangsung selama 2 hari dan  diikut 922 mahasiswa. Kegiatan dibuka oleh Dr. H. Farihin, M.Pd (Warek III ), kegiatan kali ini menghadirkan Dr. H.M. Afif Anshori, M.Ag. (Pelatih gerakan pramuka tingkat nasional), Dea Angkasa Putri Supardi S.Ip., M.Ap. (Direktur harian umum Fajar Cirebon), Dr. Ir. H. Herman Khaeron, M.Si (Pimpinan Komisi II DPR RI), Dr. H. Ilman Nafi’a, M.Ag (Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan F-ITK), Marbawi, S.Sos., M.Si. (Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka), Yuningsih, M.M (Wakil Ketua DPRD Kab. Cirebon) dan Ipda Sukrim  (Pihak Kepolisian Cirebon Kota).

Ketua Pelaksana ONGDP 2018 Rizka Amirotunnabilah mengatakan, ONGDP merupakan kegiatan yang digelar tiap tahun oleh Pramuka IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang bertujuan untuk memperkenalkan pramuka di kalangan mahasiswa dan masyarakat. Pada kegiatan ONGDP kali ini menghadirkan beberapa narasumber tingkat nasional, perwakilan pejabat negara setempat, pejabat swasta dan juga menampilkan beberapa kesenian khas Cirebon dari  Tim Seni Djambu Alas, Pemangku Adat dan Tim Paduan Suara, seperti sintren, tari topeng samba dan tari kolosal. Kesenian khas Cirebon ditampilkan bertujuan untuk memperkuat kecintaan terhadap NKRI dan melestarikan  seni asli Cirebon sebagai salah satu bentuk pelestarian budaya asli Indonesia.

Foto bersama tamu undangan/narasumber pada kegiatan Orientasi Nilai-Nilai Dasar Gerakan Pramuka (ONGDP) 2018 di gedung IAIN Cirebon Center (ICC).

Read more

Pengumuman Beasiswa Bidikmisi Rekruitment Tahun Anggaran 2018

A. KETENTUAN UMUM

Peserta yang berhak mengajukan Beasiswa Bidikmisi harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang lulus pada tahun 2018.
  2. Usia maksimal 21 tahun pada saat mendaftar;
  3. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
  4. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp. 3.000.000,oo per bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata-rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir;
  5. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 750.000,00 setiap bulannya;
  6. Pendidikan orangtua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  7. Memiliki potensi akademik baik, dibuktikan dengan rekomendasi kepala sekolah.

B. KETENTUAN KHUSUS

Peserta yang berhak mengajukan Beasiswa Bidikmisi harus sudah dinyatakan LULUS atau DITERIMA di IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun 2018 pada program Sarjana (S-1) melalui salah satu jalur:

  1. Jalur SPAN-PTKIN 2018
  2. Jalur UM-PTKIN 2018
  3. Jalur SPMB Mandiri Gel. I dan Gel. II Tahun 2018

C. PERSYARATAN DOKUMEN

Peserta yang mendaftar melengkapi berkas dokumen yang diserahkan kepada panitia di subag kemahasiswaan di gedung rektorat, sebagai berikut:

  1. Kartu Peserta ujian masuk pada salah satu jalur seleksi di atas.
  2. Kwitansi Pembayaran UKT
  3. Formulir pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Format unduh disini
  4. Surat pernyataan Kesanggupan Bidikmisi yang telah diisi dan ditempel materai Format Unduh disini .
  5. Foto Copy Ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  6. Surat Kebenaran Data Pendaftar Beasiswa Bidikmisi Format Unduh disini.
  7. Foto Copy SKHUN yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  8. Foto Copy Buku Rapot yang di legalisir.
  9. Foto Copy Kartu Keluarga.
  10. Foto Copy Bukti Pembayaran Listrik/PLN dan Telepon/TELKOM, bulan terakhir.
  11. Foto Copy Bukti Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi yang memiliki.
  12. Foto Copy KTP, dan KTP Orangtua/Wali.
  13. Bersedia Tinggal Di Pondok Pesantren dengan persetujuan Pimpinan Ponpes yang dituju Format Unduh disini.
  14. Bersedia dites Baca Tulis Alqur’an oleh PPTQ.
  15. Mengisi surat pernyataan siap lulus dan memperoleh sertifikat PPTQ pada akhir semester 2 serta siap dicabut apabila tidak lulus dan memperoleh sertifikat PPTQ pada akhir semester 2 Format Unduh disini.
  16. Wajib hafal Al-Qur’an minimal 1 Juz per semester.
  17. Wajib mengikuti seluruh kegiatan pembinaan dan pengembangan yang diselenggarakan oleh pengelola Bidikmisi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
  18. Foto Copy Sertifikat/Piagam pendukung lainnya yang menerangkan prestasi akademik/ non akademik bagi yang memiliki;
  19. Foto Rumah tinggal (Rumah tampak depan, Dapur dan Kamar mandi/WC) dan foto pendaftar bersama orangtua/wali, ukuran 5R (berwarna) masing-masing 1 lembar.
  20. Semua berkas di foto copy rangkap 2 dengan menggunakan kertas HVS ukuran F4 dan dimasukkan dalam map warna Kuning  merk biola, diserahkan ke bagian akademik dan kemahasiswaan Rektorat lantai 2 gedumg A212.

D. PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi dilakukan secara online.
  2. Siswa yang dinyatakan lulus atau diterima di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan sudah melakukan registrasi online mendaftar Beasiswa Bidikmisi melalui sc.syekhnurjati.ac.id
  3. Siswa yang sudah mendaftar Bidikmisi secara online harus menyerahkan kelengkapan berkas (dokumen) sebagaimana disyaratkan kepada panitia.
  4. Jadwal pendaftaran Beasiswa Bidikmisi:
No Pendaftaran online dan pengumpulan berkas Seleksi Berkas Tes BTQ Pengumuman

Tahap I

Survey dan Verifikasi Ekonomi Pengumuman

Dan Penetapan

1 07 – 14 September 2018 17 – 19 September 2018 20 – 21  September 2018 28 September 2018 1 –  6 Oktober 2018 8 Oktober 2018

PENGUMUMAN BEASISWA TAHFIDZ AL- QUR’AN TAHUN ANGGARAN 2018

Diumumkan kepada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon tentang Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an Tahun Anggaran 2018 dengan ketentuan sebagai berikut :

A. PERSYARATAN UMUM

  1. Mahasiswa Aktif IAIN Syekh Nurjati Cirebon semester 3 sd. semester 7.
  2. Mahasiswa Baru yang telah memiliki NIM
  3. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun di Tahun 2018.
  4. Sangat diutamakan apabila memiliki prestasi pada perlombaan dalam bidang Hifdzil Qur’an (kategori 5/10/20/30 Juz) Tilawatil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, Tafsir Al-Qur’an atau Makalah Ilmiah Al-Qur’an)

B. PERSYARATAN KHUSUS

  1. Mengisi Formulir Pendataan Beasiswa, Unduh sini;
  2. Surat Permohonan Bantuan Beasiswa,Unduh disini;
  3. Surat Keterangan Kelakuan Baik dan Aktif kuliah dari Wakil Dekan III (Asli), Format unduh disini;
  4. Surat Rekomendasi dari Kepala Pusat Pengembangan Tilawatil Qur’an (PPTQ) (Asli dan cap basah), Format unduh disini;
  5. Surat Pernyataan dari mahasiswa tersebut yang menyatakan bahwa yang bersangkutan telah Tahfidz Al-Qur’an Format unduh disini
  6. Pas Photo dengan Background Merah, ukuran 3×4@2 lembar;
  7. Melampirkan bukti pembayaran UKT;
  8. Melampirkan foto copy sertifikat PPTQ yang sudah dilegalisir;
  9. Bersedia dan siap jika diutus oleh IAIN Syekh Nurjati untuk mengikuti perlombaan pada ajang IPPBMM, PIONIR maupun kegitan sejenis tingkat regional, nasional maupun internasional;
  10. Rekap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang ditanda tangani oleh Kepala Jurusan masing-masing;
  11. Melampirkan surat pernyataan sedang tidak menerima beasiswa dari pihak manapun, Format unduh disini;
  12. Melampirkan foto copy KTM, KTP, di foto copy dalam 1 lembar HVS F4;
  13. Semua berkas di foto copy rangkap 2 dengan menggunakan kertas HVS ukuran F4 dan dimasukkan dalam map warna hijau merk biola, diserahkan ke bagian akademik dan kemahasiswaan Rektorat lantai 2 gedumg A212.
  14. Berkas yang sudah masuk tidak bisa diambil kembali Berkas yang tidak lengkap tidak diikutsertakan tes seleksi calon penerima beasiswa.

C. Pendaftaran (ONLINE)                 :  13 – 24 September 2018

D. Pelaksanaan Seleksi                    : 25 – 26 September 2018

E. Pengumuman Hasil Seleksi         : 01 Oktober  2018

Orientasi Pendidikan Pemustaka (OPP) IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2018/2019

Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan kegiatan dengan tema “Orientasi Pendidikan Pemustaka (OPP) Tahun 2018/2019”. Kegitatan tersebut diikuti seluruh mahasiswa baru yang dibagi menjadi tiga gelombang, Gelombang pertama kegiatan diikuti oleh mahasiswa baru Fakultas Ekonomi Syariah (F-SEI) semua jurusan (sabtu,01/09), gelombang kedua kegiatan diikuti oleh mahasiswa baru Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (F-ITK) semua jurusan (minggu, senin, 02-03/09) dan gelombang ketiga diikuti oleh mahasiswa baru Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (F-UAD) semua jurusan (selasa, 04/09). Sebagai penanggung jawab kegiatan tersebut H. Didin Nurul Rosidin, M.A., Ph.D. (Kepala Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Hari Ketiga (F-UAD)

Orientasi pendidikan Pemustaka (OPP) Tahun 2018/2019 diikuti oleh mahasiswa baru F-UAD sebanyak 828 mahasiswa.  Tujuan kegiatan adalah mmemberikan wawasan tentang peran perpustakaan di era digital dan  membimbing mahasiswa baru sebagai pemustaka tentang teknik penelusuran informasi. Tamu undangan/narasumber yang hadir Dr. H. Hajam, M.Ag (Dekan F-UAD)  dan Harcan, S.Sos ( Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon).

Penyampaian materi oleh Dr. H. Hajam, M.Pd (Dekan F-UAD) pada kegiatan dengan tema “Orientasi Pendidikan Pemustaka Mahasiswa (OPPM) Tahun 2018/2019”.

Read more