Sejarah

Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon pertama kali dibentuk pada tahun 2009 bersamaan dengan perubahan status STAIN Cirebon menjadi IAIN Syekh Nurjati Cirebon berdasarkan Keputusan Presiden no. 48 tahun 2009. Fakultas ini secara kelembagaan merupakan hasil merger tiga jurusan yang ada pada STAIN Cirebon antara lain Jurusan Adab, Jurusan Dakwah dan Jurusan Ushuluddin.

Bersama dengan Jurusan Syari’ah, ketiga jurusan tersebut dibentuk untuk melengkapi jurusan Tarbiyah yang merupakan cikal bakal IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada saat terjadi perubahan status dari Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Gunung Djati Bandung di Cirebon (berdiri tahun 1967) menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Cirebon. Jurusan Adab sendiri pertama kali didirikan pada tahun 1997 dengan program studi Sejarah Peradaban Islam (SPI). Sedangkan Jurusan Dakwah didirikan pada tahun 1997 dengan program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Sementara itu, Jurusan Ushuluddin didirikan pada tahun 1997 dengan prorgram studi Aqidah Filsafat (AF). Pada tahun 2008 jurusan Ushuluddin kembali membuka Program studi baru Tafsir Hadits (TH). Terakhir, Jurusan Dakwah juga membuka jurusan baru Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) pada tahun 2011 dan Bimbingan Konseling Islam pada 2012. Sejak menjadi satu fakultas, seluruh program studi tersebut berubah menjadi jurusan. Total seluruh jurusan tahun 2010-2014  berjumlah 6 (enam) jurusan. Mulai tahun 2015 ada perubahan jurusan dari Tafsir hadis dipecah menjadi jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) dan Jurusan Ilmu Hadis (ILHA) sesuai Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 28886 tahun 2015. Menambah jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) pada 16 September 2016, sehingga jurusan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah menjadi Delapan (8) Jurusan.

Dilihat dari perjalanan sejarahnya, tentunya belum banyak yang pernah memimpin fakultas ini. Pada saat masa peralihan, Dr. H. Sumanta, M.Ag ditunjuk sebagai Pejabat Peganti Sementara (Pgs) Dekan sebelum kemudian digantikan secara permanen oleh Dr. H. Adib, M.Ag.  Secara rinci susunan pimpinan Fakultas Adab, Dakwah, Ushuluddin IAIN Syekh Nurjati Cirebon periode 2010-2014 sebagai berikut:

 

Dekan                                                  : Dr. H. Adib, M.Ag

Pembantu Dekan I                              : Dr. Siti Fatimah, M,Hum

(Akademik)

Pembantu Dekan II                             : Drs. H. Muzaki, M.Ag

(Administrasi Umum)

Pembantu Dekan III                           : Drs. Yayat Suryatna, M.Ag

(Kemahasiswaan)

Kepala Bagian Tata Usaha                  : Dra. Yayah Sadiah

Kepala Sub Bagian                             : Hj. Sudiyanti, S.Ag

Administrasi Akademik

Kepala Sub Bagian                             : Agus Rahmat, SH

Administrasi Umum

 

Kemudian susunan pimpinan Fakultas Adab, Dakwah, Ushuluddin IAIN Syekh Nurjati Cirebon periode 2015-2019 sebagai berikut:

Dekan                                                  : Dr. Hajam, M.Ag

Pembantu Dekan I                              : Dr. Siti Fatimah, M,Hum

(Akademik)

Pembantu Dekan II                             : Dr. Yayat Suryatna, M.Ag

(Administrasi Umum)

Pembantu Dekan III                           : Dr. Anwar Sanusi, M.Ag

(Kemahasiswaan)

Kepala Bagian Tata Usaha                  : Dra. Yayah Sadiah

Kepala Sub Bagian                             : Sri Rahayu Handayani, S.Si

Administrasi Akademik

Kepala Sub Bagian                             : Titi Fitriatie, S.Ag

Administrasi Umum