Visi, Misi dan Tujuan

PROFIL FAKULTAS SYARI’AH DAN EKONOMI ISLAM

VISI

Menjadikan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Unggul dan Terkemuka dalam Pengembangan Pembelajaran, Riset dan Kewirausahaan Berbasis Daya Saing

  1. FSEI yang unggul dan terkemuka dimaksudkan: a) Menyelenggarakan FSEI dengan praktik baik perguruan tinggi dalam layanan akademik, pengembangan kapasitas lembaga, dan peningkatan sumber daya (dosen, tenaga kependidikan, sarana-prasarana, dan keuangan), b) meningkatkan budaya mutu dalam melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan c) menghasilkan lulusan yang berpengetahuan, terdidik, terampil, dan berakhlak karimah.
  2. Pengembangan pembelajaran, riset, dan kewirausahaan bermakna: Menyelenggarakan pembelajaran berbasis teknologi-informasi, menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan kehidupan masyarakat, serta melaksanakan praktik kewirausahaan dalam menciptakan kemandirian dan wujud pengabdian kepada masyarakat.
  3. Berbasis daya saing bermakna kontribusi penyelenggaraan Tri Dharma oleh FSEI dalam meningkatkan profesionalitas dosen dan menghasilkan lulusan yang terampil-kompetitif dalam bidang Hukum Islam dan Ekonomi Islam yang ditunjukkan oleh kemampuan memenuhi kebutuhan pembangunan, serta turut serta mencerdaskan masyarakat

 

 

MISI

  1. Meningkatkan akses, relevansi dan mutu pembelajaran di bidang hukum keluarga Islam, hukum bisnis Islam dan perbankan syariah untuk menghasilkan SDM yang profesional.
  2. Meningkatkan kualitas pembelajaran, riset dan kewirausahaan yang berwawasan keislaman, keindonesiaan dan global untuk menciptakan kemandirian dan mencerdaskan masyarakat.

TUJUAN

  1. Meningkatnya tata kelola FSEI yang mencakup manajemen area fungsional program akademik, manajemen data/informasi dan penjaminan mutu.
  2. Terwujudnya FSEI bersama masyarakat akademik (learning academic society) yang berkiprah dalam development of teaching, research and entrepreunership di bidang hukum keluarga Islam, hukum bisnis Islam dan perbankan syari’ah di kalangan dosen dan mahasiswa.
  3. Terwujudnya FSEI sebagai trend-setter dalam pengembangan integrasi ilmu pengetahuan secara monodisplin, interdisplin, multidisiplin, dan transdisiplin melalui penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Meningkatnya capaian pembelajaran mahasiswa menuju jenjang/level KKNI yang diakui secara nasional dan internasional.

 

 

KEBIJAKAN, PROGRAM DAN STRATEGI PELAKSANAAN KEGIATAN

  1. Peningkatan mutu tata kelola Fakultas dan Jurusan/Program Studi
  2. Peningkatan Manajemen Area Fungsional:
  3. Peningkatan Manajemen Data/Informasi:
  4. Peningkatan Manajemen Mutu:

 

Strategi Pelaksanaan:

  • Peningkatan manajemen program akademik pada pelaksanaan tridharma perguruan tinggi melalui koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi, dan penyusunan rencana dan program kegiatan.
  • Pengembangan kapasitas kelembagaan melalui pengembangan Fakultas dan pembukaan Program Studi Baru
  • Peningkatan manajemen sumber daya untuk mencapai profesionalisme dosen dan tenaga kependidikan melalui program beasiswa dan bantuan.
  • Membangun knowledge management system melalui penyiapan dan pengolahan data, pengembangan sistem informasi, penyusunan laporan dan evaluasi program serta akuntabilitas kinerja, pelaksanaan anggaran dan perbendaharaan serta penyusunan laporan keuangan, pengelolaan dosen dan tenaga kependidikan, dan pengelolaan PD-DIKTI.
  • Peningkatan pelaksanaan penjaminan mutu pada Fakultas dan Jurusan/Program Studi
  • Pemanfaatan teknologi informasi bagi kegiatan dan layanan pembelajaran dan pengelolaan pendidikan.

 

  1. Mewujudkan masyarakat akademik (learning academic society) melalui pengembangan pembelajaran, penelitian, dan kewirausahaan.
  2. Peningkatan mutu pembelajaran berbasis kebutuhan pembangunan
  3. Peningkatan mutu penelitian melalui publikasi ilmiah
  4. Peningkatan mutu pengabdian kepada masyarakat (PkM) melalui program kewirausahaan

Strategi Pelaksanaan:

  • Peningkatan partisipasi civitas akademik dan masyarakat
  • Peningkatan karya ilmiah dosen melalui publikasi ilmiah pada buku, jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi
  • Deseminasi hasil penelitian dan PkM melalui pembelajaran dan pembangunan masyarakat
  • Pengembangan kemitraan dengan berbagai pihak di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
  • Pengembangan program kewirausahaan mahasiswa
  1. Peningkatan pengembangan integrasi ilmu pengetahuan melalui penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Peningkatan mutu pembelajaran berbasis integrasi keilmuan
  3. Peningkatan mutu penelitian berbasis integrasi keilmuan secara monodisplin, interdisplin, multidisiplin, dan transdisiplin
  4. Peningkatan mutu pengabdian kepada masyarakat berbasis program dan pendampingan

 

Strategi Pelaksanaan:

  • Pengembangan pembelajaran melalui tim teaching dosen
  • Penataan program studi dan bidang keilmuan yang fleksibel memenuhi kebutuhan pembangunan;
  • Penguatan konsorsium ilmu-ilmu keislaman yang memperkuat pengembangan dan pengkajian ilmu-ilmu keislaman di Fakultas dan Jurusan.
  • Peningkatan akses penelitian dan PkM melalui program bantuan.
  1. Peningkatan capaian pembelajaran mahasiswa sesuai jenjang/level KKNI yang berpengetahuan, terdidik, terampil, dan berakhlak karimah
  2. Penataan nomenklatur rumpun ilmu pengetahuan melalui konsorsium keilmuan
  3. Penyesuaian kurikulum berbasis KKNI
  4. Penetapan capaian pembelajaran mahasiswa

 

Strategi Pelaksanaan:

  • Peningkatan mutu lulusan dan daya saing bertaraf nasional dan internasional
  • Peningkatan mutu kurikulum berbasis KKNI dan pengembangan bahan ajar
  • Penataan nomenklatur program studi, pengkajian visi, misi, tujuan, strategi, dan program kegiatan
  • Penetapan capaian pembelajaran (learning outcomes/LO) dan profil lulusan, penataan mata kuliah, pengembangan silabus dan RPS/SAP, dan inovasi pembelajaran sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).
  • Penyusunan surat pendamping ijazah mahasiswa.