Workshop Penyusunan dan Implementasi Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) “Strategi Penyusunan LED dan LKPS untuk Peningkatan Akreditasi Program Studi dengan 9 Standar Kriteria BAN-PT”

Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon kembali mengadakan  Workshop Penyusunan dan Implementasi Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) dalam Akreditasi Program Studi bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan dengan mengusung tema yaitu “Strategi Penyusunan LED dan LKPS untuk Peningkatan Akreditasi Program Studi dengan 9 Standar Kriteria BAN-PT” pada Kamis 25-26 Juli 2019 yang bertempat di Hotel Tryas Cirebon.

Acara workshop ini dihadiri oleh Rektor, Perwakilan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Perwakilan Satuan Pengawasan Internal (SPI), Dekanat FSEI, Pimpinan Program Studi, Perwakilan Dosen Homebase, CPNS dan seluruh Tenaga Kependidikan di lingkungan FSEI.

LED 2

Ketua Pelaksana/Sekertaris Prodi Hukum Keluarga Islam Asep Saefulloh, M.H.I memaparkan bahwa workshop akan berlangsung selama dua hari yang akan di isi dengan materi tentang penguatan pemahaman Rencana Strategis (Renstra) Fakultas, diturunkan menjadi Renop (Rencana Operasional), dan diturunkan lagi menjadi program-program kerja ditingkat Program Studi (Prodi) kemudian mendokumentasikan seluruh kegiatan tersebut dalam sebuah LKPS dan menarasikannya dalam bentuk LED menyangkut kepentingan dalam akreditasi.

Dalam Kesempatan Tersebut Dekan FSEI Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag menegaskan bahwa workshop ini sengaja didesain untuk tidak langsung mengisi akreditasi standar 9 dalam program excel, karena ditakutkan peserta belum memahami aspek filosofis, yuridis, sosial dan historis dari BAN-PT dalam mengubah sistem akreditasi. Terdapat empat hal yang melatarbelakangi perubahan sistem, yaitu (1) Mutu Kepemimpinan dan Tata Kelola, (2) Mutu Input, (3) Mutu Proses, (4) Mutu Output dan Outcome.

Selanjutnya Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag (Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon) menyampaikan bahwa di FSEI ada 3 (tiga) Prodi lama dan 6 (enam) Prodi baru, total ada 9 (sembilan) prodi, sehingga FSEI memiliki Prodi baru terbanyak dari fakultas lainnya. Oleh sebab itu, FSEI memperoleh pekerjaan rumah (PR) yang sangat berat apalagi dihadapkan dengan 9 standar akreditasi BAN-PT.

LED

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *