Workshop Pengembangan Kurikulum KKNI Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam “Spirit and Progress”

Rangkaian kegiatan Workshop Pengembangan Kurikulum KKNI yang diadakan oleh Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran yang berada di lingkungan FSEI, kegiatan  ini diadakan pada Rabu tanggal 18 April 2018, yang bertempat di Hotel Dewanti Cirebon.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 serta perpres nomor 8 tahun 2012 maka dalam penyusunan dan pegembangan kurikulum perguruan tinggi harus mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yaitu kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

3

Kegiatan tersebut di ikuti oleh seluruh dosen Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, ketua jurusan dan sekertaris jurusan, serta pejabat di Lingkungan FSEI IAIN Cirebon, dengan menghadirkan Dr. Euis Amalia, M. Ag dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sebagai nara sumbernya.

Dalam sambutannya, Dekan FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon, mengharapkan bahwa kegiatan ini bisa menjadi bekal bagi para dosen FSEI untuk lebih bisa meningkatkan kualitas dalam pembelajaran sehingga seluruh dosen sudah siap untuk melaksanakannya. Disamping itu pula Rektor IAIN Syekh Nurjati memberikan sambutan dan sekaligus membuka kegiatan tersebut, beliau mengatakan untuk meningkatkan kualitas akademik di IAIN Cirebon, salah satunya harus ada penyamaan persepsi dan penataan Mata Kuliah. Kemudian sesuai dengan peraturan terbaru, maka penyusunan kurikulum harus berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

1

Mengakhiri sambutannya, beliau mengatakan bahwa kegiatan yang relevan seperti inilah akan sangat menentukan kepada arah dari pada lulusan yang akan dihasilkan dan generasi yang akan melanjutkan perjuangan bangsa ini kedepan, serta menekankan kepada para peserta untuk mengikuti dengan serius dan bersungguh-sungguh. (Ahmad Al-Izzy)

2

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *