Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga (HMJ HK) FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon Gelar Seminar Mubadalah

Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga (HMJ HK) Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon kembali menggelar Seminar Mubadalah dengan tema “Perspektif Islam Terhadap Pelaksanaan Kesataraan Gender”  dengan Pemateri Fitriana, SH (Demisioner HMJ HK dan Mahasiswa Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon)  yang dihadiri oleh seluruh pengurus HMJ HK FESI dan seluruh mahasiswa Jurusan Hukum keluarga FSEI di auditorium SBSN FSEI Lt. 4 pada Senin, 14 Oktober 2019.

WhatsApp Image 2019-10-15 at 11.40.05

Seminar Mubadalah ini merupakan salah satu program kerja dari HMJ HK FSEI, yang merupakan kegiatan yang menampung aspirasi dan penelitian dari mahasiswa jurusan Hukum Keluarga, dengan mengambil berbagai tema yang menarik,  untuk didiskusikan dalam upaya meningkatkan integritas mahasiswa, serta untuk mengasah sikap kritis , demokratis dan menciptakan kepekaan terhadap permasalahan yang ada disekitarnya.

WhatsApp Image 2019-10-15 at 11.42.08

Sasaran kegiatan ini merupakan mahasiswa FSEI, dengan harapan baik pengurus maupun mahasiswa di lingkungan FSEI mampu meningkatkan integritas keilmuannya baik di bidang keilmuan akademik maupun non akademik.

 

 

Continue Reading

FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengikuti Jambore Ekonomi Syariah Nasional 2019 (JES Nasional 2019) di FEBI IAIN Tulungagung

Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengirimkan delegasi mahasiswanya untuk mengikuti Jambore Ekonomi Syariah Nasional 2019 (JES Nasional 2019) di FEBI IAIN Teulungagung. Semua komponen yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Tulungagung siap mensukseskan acara Jambore Ekonomi Syariah Nasional 2019 (JES Nasional 2019).

5a0fcb70caa36ac6ef2f4287912a86c3

Dr. H. Syatori, M. Si selaku Wakil Dekan III merespon kegiatan ini sangat baik bahwa kegiatan ini menunjang seluruh aktivitas akademik dan non akademik mahasiswa FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dari FSEI sendiri mendelegasikan 8 Mahasiswa dan 2 dosen sebagai pendamping. Pada kegiatan tersebut terdapat banyak sekali rangkaian kegiatan di acara Jambore Ekonomi Syariah Nasional 2019 ini, yakni mulai dari Seminar Nasional, perlombaan akademik dan non akademik, serta FGD Wakil Dekan 1 dan Wakil Dekan 3. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis-Minggu, 10-13 Oktober 2019 dan diikuti oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam PTKIN se-Indonesia. Ada 6 cabang perlombaan akademik dan non akademik yang di pertandingkan, yakni business plan, debat, call for paper, stock lab, pentas seni, dan video competition.

Kegiatan yang kurang lebih diikuti oleh 130 peserta ini dilaksanakan di IAIN Tulungagung dan Bumi Perkemahan Jurang Senggani Sendang Tulungagung. JES Nasional 2019 dengan tema “Building Islamic Integrity for Unitiy”, salah satu tujuannya adalah untuk menjalin silaturrahmi antar mahasiswa FEB/FEBI PTKIN se-Indonesia.

Screenshot_2019-10-15-11-01-23-790_com.google.android.apps.docs (2)

Continue Reading

Festival Seni dan Budaya Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2019

Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam  IAIN Syekh Nurjati Cirebon kembali menggelar kegiatan Festival Seni dan Budaya FSEI dengan tema “Exploring The Potentials Of Human Resources and Creativity Of Generation 4.0” di Aula Gedung SBSN IAIN Syekh Nurjati Cirebon Lt. 4 pada Senin-Rabu 30 September – 02 Oktober 2019. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dr. H. Syatori, M. Si (Wakil Dekan III FSEI), dalam sambutannya beliau berharap melalui festival seni dan budaya mampu membentuk mahasiswa lebih maju dan berprestasi dengan siap untuk men  yongsong di era revolusi industri 4.0. Kegiatan tersebut dihadiri tamu undangan : Dekan FSEI beserta jajarannya, segenap perwakilan dosen di lingkungan FSEI, seluruh juri masing-masing cabang lomba dan sekitar 400 mahasiswa FSEI pada semester 3, 5 dan 7.

IMG-20190930-WA0070

 Dr. H. Syatori, M. Si,  selaku ketua panitia menjelaskan dalam sambutannya bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah wadah bagi mahasiswa FSEI yang dikhususkan kepada mahasiswa semester 3,5 dan 7  untuk menunjukkan bakat-bakat dari mahasiswa, disamping itu pula sebagai wadah silaturrahim antar mahasiswa jurusan yang ada di lingkungan Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam serta menjadikan persiapan untuk menyongsong era revolusi industri 4.0, pungkasnya.

IMG-20190930-WA0043

Dosen FSEI dan Mahasiswa  dengan khidmat dan fose bersama mengikuti pembukaan Festival Seni dan Budaya, Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

IMG-20191002-WA0084

Juara Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga (HMJ HK) pada kegiatan Festival Seni dan Budaya, Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Continue Reading

Penandatanganan MoU FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon & IAI Tazkia Bogor

Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam  (FSEI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menandatangi Memorandum of Understanding (MoU) dengan IAI Tazkia Bogor, Senin (30/09/2019).

Dekan FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. H. Aan Jaelani, M. Ag mengungkapkan, kerja sama tersebut tentunya yang berkaitan denga tri dharma perguruan tinggi, seperti salahsatunya dalam pendidikan dan pengajaran serta bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

WhatsApp Image 2019-09-30 at 17.07.01

“Jadi implementasi dari MoU ini, kita akan secara riil ada aksi nyata saling berkunjung ke masing-masing lembaga untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi tadi sekaligus kita pula akan selalu medorong pada berbagai aspek yang khususnya pada penulisan jurnal ilmiah Nasional dan Internasional bereputasi,” pungkasnya

Menurut beliau, kerja sama ini memiliki banyak manfaat. Yaitu, salahsatunya untuk akreditasi. Karena dalam akreditasi tersebut ada 9 standar yang harus dipenuhi, seperti salahsatunya dalam aspek kerjasama dalam berbagai bidang antar perguruan tinggi, antar berbagai fakultas, jurusan hingga tingkat prodi.
WhatsApp Image 2019-09-30 at 17.07.03

Continue Reading