PROFIL

DATA DAN INFORMASI

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAM KEGURUAN (FITK)

IDENTITAS

  

Nama Perguruan Tinggi         : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon

Alamat                                    : Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132

No. Telepon                            : [0231] 481264

No. Faksimili                           : [0231] 489926

Homepage                              :  www.iaincirebon.ac.id

E-mail                                      : iainsyekhnurjaticirebon.ac.id

Nomor dan Tanggal

SK Pendirian Institusi             : Nomor 48 Tahun 2009

Pejabat yang Menerbitkan SK :  Pesiden Republik Indonesia

 

Identitas berikut ini mengenai Fakultas dari Perguruan Tinggi :

 

Nama Fakultas                         : Fakultas Ilmu Tarbiyahdan Keguruan

Alamat                                      : Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132

No. Telepon                              : [0231]481264

No. Faksimili                             : [0231]489926

Homepage                                : web.iaincirebon.ac.id/tarbiyah

E-mail                                        :  fakultastarbiyah.iain.cirebon@gmail.com

Nomor dan Tanggal

SK Pendirian Fakultas              :  Nomor 66 Tahun 2010

Pejabat yang Menerbitkan SK      :Menteri Agama Republik Indonesia

Program studi yang dikelola oleh Fakultas:

 

  1. PS Pendidikan Agama Islam (Jenjang pendidikan S1, Terakreditasi A)
  2. PS Pendidikan Bahasa Arab (Jenjang pendidikan S1, Terakreditasi A)
  3. PS Tadris Bahasa Inggris (Jenjang pendidikan S1, Treakreditasi B)
  4. PS Tadris IPS-Ekonomi (Jenjang pendidikan S1, Terakreditasi B)
  5. PS Tadris Matematika (Jenjang pendidikan S1, Terakreditasi B)
  6. PS Tadris IPA Biologi (Jenjang pendidikan S1, Terakreditasi B)
  7. PS Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Jenjang S1, Terakreditasi B)
  8. PS Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Jenjang pendidikan S1, Terakreditasi C)
  9. PS Pendidikan Bahasa Indonesia (Jenjang Pendidikan S1, Dalam Proses)
  10. Manajemen Pendidikan Islam      (Jenjang Pendidikan S1, Dalam Proses)

 

VISI

Lembaga pendidikan tenaga kependidikan  (LPTK) yang unggul dan terkemuka dalammenciptakan generasi emas berbasis nilai-nilai keislaman pada tahun 2020 di tingkat nasional”

 

MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut telah ditetapkan empat misi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yaitu:

  • Menyelenggarakan pendidikan akademik (sarjana pendidikan/sarjana calon guru) dan pendidikan profesi guru untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah yang berbasis nilai-nilai keislaman;
  • Menyelenggarakan penelitian untuk menemukan dan mengembangkan teori dan praktik pendidikan yang inovatif dan berakar pada nilai keislaman moderat dan kearifan lokal;
  • Menyebarluaskan pengalaman dan temuan-temuan inovatif dalam disiplin ilmu pendidikan Islam melalui kegiatan pengabdian yang menjembatani transformasi masyarakat; dan
  • Mengembangkan kerjasama secara sinergis dengan berbagai komponen masyarakat untuk meningkatkan kualitas tata kelola Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang professional, transparan, akuntabel.

 TUJUAN

TujuanUmum:

Terselenggaranya pendidikan akademik (sarjana pendidikan) dan pendidikan profesi guru berbasis nilai-nilai keislamanserta kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dibidang pendidikan yang inovatif melalui tata kelola kelembagaan yang profesional, transparan, dan akuntabel untuk meningkatkan kualitas lulusan yang kompetitif agar dapat bersaing secara Nasional dan internasional.

Tujuan Khusus:

  • Terwujudnya kegiatan pengembangan disiplin ilmu pendidikan Islam dan pendidikan disiplin ilmu yang inovatif;
  • Menghasilkan calon guru dan tenaga kependidikan yang kompeten untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah;
  • Manghasilkan guru professional untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah ;
  • Menghasilkan penelitian bermutu dalam teori dan praktek pendidikan berbasis nilai keislaman moderat dan kearifan lokal;
  • Menghasilkan model kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan yang transformatif;
  • Terwujudnya pelayanan lembaga yang optimal melalui peningkatan pengetahuan, keterampilan dan budaya kerja tenaga kependidikan ;
  • Terwujudnya kerjasama yang saling mengisi dengan seluruh komponen masyarakat, pemerintah, dan sesama perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas bangsa.
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan © 2018