Penjamin Mutu

Untuk mengkaji dan mengendalikan kualitas kademik dan administratif semua program studi yang ada, selain penyelenggaraan akreditasi  Jurusan//Prodi  yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sejak bulan Januari 2006 IAIN Syekh Nurjati Cirebon juga telah membentuk lembaga yang berfungsi untuk penjaminan mutu institut. Di antaranya:

  1. Tingkat Institut

Terdapat Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) yang telah menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan aturan statuta IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan bertanggungjawab kepada rektor.

2. Tingkat Fakultas

Terdapat Lembaga Penjaminan Mutu yang disebut Tim Gugus Kendali Mutu. (TGKM) yang bekerja untuk menjamin mutu layanan akademik di Fakultas

3. Tingkat Jurusan/Prodi

terdapat Lembaga Penjaminan Mutu yang disebut Tim Gugus Mutu (TGM) yang bekerja untuk menjamin mutu layanan akademik di Jurusan/Prodi

4. Pelaksanaan Penjaminan Mutu dilakukan melalui tahapan sebagai berikut:

  • Penjaminan Mutu Internal

Tim Gugus Mutu pada tingkat Juusan/Program studi dibagi menjadi dua: secara teknikal dan konten. Secara teknikal, gugus mutu Jurusan/Prodi  direpresentasikan oleh staf atau karyawan yang ada di  Jurusan/Prodi . Ia menjamin administrasi kelengkapan dosen dalam mengajar, mengkontrol ketepatan penyerahan RPS, Handout dan penyerahan nilai UAS dari dosen pengampu di masing-masing Jurusan/Prodi . Sedangkan secara konten, gugus mutu Jurusan/Prodi  direpresentasikan oleh dosen yang sesuai dengan bidang studi Jurusan/Prodi  Hukum Keluarga. Gugus mutu program studi bertugas mengontrol isi RPS serta kesesuaiannya dengan handout, dan seluruh konten mutu Jurusan/Prodi , termasuk dalam konteks konsorsium keilmuan, berjejaring dengan Tim Gugus Kendali Mutu Fakultas dan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) di tingkat institusi. Penjaminan mutu internal meliputi Penilaian Indeks Kinerja Dosen (IKD), Audit Mutu Internal (AMI), Penilaian Beban Kerja Dosen (BKD), Penilaian Sasaran Kinerja Pegawai, Laporan Kinerja Harian (LKH).

  • Penjaminan Mutu Organisasi Jurusan/Prodi :

Dalam hal penjaminan mutu program studi, pimpinan pogram studi melakukan evaluasi program studi berbasis evaluasi diri (EPSBED) yang dilakukan  pada setiap semester. Dalam rangka penjaminan mutu ini, program studi melakukan upaya pengaturan tentang pelaksanaan perkuliahan, sistem perkuliahan , tingkat kehadiran mahasiswa, kewajiban membuat silabus masing-masing mata kuliah, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), monitoring pelaksanaan perkuliahan oleh mahasiswa, serta respons mahasiswa terhadap dosen.

  • Penjaminan Mutu Eksternal

Penjaminan mutu eksternal dilakukan melalui :

  1. Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI yang mengadakan audit terhadap mutu proses administrasi secara umum baik akademik atau nonakademik.
  2. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang mengadakan audit terhadap penyelenggara anggaran keuangan.
  3. BAN-PT mengadakan akreditasi Jurusan/Prodi

Akhwal Syaksiyah