Jurusan Hukum Keluarga FSEI di Audit ISO 9001:2015

9108637592_644911

Audit ISO (International Organization For Standarization) – Rabu, 28 November 2018 menjadi salah satu hari bersejarah dalam perjalanan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, pada hari tersebut IAIN Syekh Nurjati kedatangan tim Audit dari PT TUV Rheinland Indonesia (TRID) untuk Management System ISO 9001:2015 yang berkantor pusat di Jakarta.

Apa sih sebenarnya ISO itu?

“ISO (International Organization For Standarization ) 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

Sistem manajemen mengacu pada apa yang organisasi lakukan untuk mengelola proses, atau aktivitas, sehingga produk atau jasa memenuhi tujuan yang telah ditetapkannya sendiri, seperti:

  • Memenuhi persyaratan kualitas pelanggan,
  • Sesuai dengan peraturan, atau
  • Tujuan lingkungan.

Dalam kesempatan kali ini tim auditor yang berjumlah 2 (dua) orang melakukan audit sesuai jadwal dan tempat yang telah dijadwalkan oleh LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dimana pelaksanaan audit ISO di IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini berlangsung selama dua hari dari hari/tanggal Rabu, 28 November 2018 s.d Kamis, 29 November 2018.

IMG-20181129-WA0033

IMG-20181129-WA0035

Proses audit ISO di Tingkat Jurusan Hukum Keluarga

Pada hari pertama Rabu, audit ISO menyasar ke unit-unit rektorat di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dan kemudian dihari kedua, kamis bergiliran melakukan audit ke Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam lalu kemudian turun ke tingkat jurusan dalam hal ini  Jurusan Hukum Keluarga.

Diharapkan dengan Sertifikasi ISO 9001 ini akan memberikan manfaat maksimal kepada organisasi dalam hal ini IAIN Syekh Nurjati Cirebon, karena jika sebuah organisasi  menjalankan ISO 9001 dengan cara yang benar dan praktis. dengan implementasi yang benar Ini, akan memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu yang diadopsi, bekerja untuk meningkatkan bisnis dan bukan hanya satu set prosedur tersebut hanya disimpan, dipajang  dan dipakai pada saat ada audit saja.

Dengan mengadopsi pendekatan proses yang baik dengan praktek kerja lebih efisien dan berfokus pada tujuan bisnis IAIN Syekh Nurjati Cirebon, IAIN Syekh Nurjati Cirebon akan mencapai sebuah sistem yang akan membantu dan mendukung organisasi, dalam meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan, dalam hal ini alumni dan, stakeholders. Semoga..

IMG-20181129-WA0037

Pengelola Jurusan Hukum Keluarga bersama Auditor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *