Visitasi Akreditasi Prodi Hukum Keluarga

Backdrop Visitasi

IAIN Cirebon (FSEI-HK) – Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon mendapat kunjungan dari tim Asesor BAN-PT dalam akreditasi Program Studi (Prodi) Hukum Keluarga dari mulai tanggal 16 April hingga 18 April 2018.

Peristiwa bersejarah bertajuk Visitasi Akreditasi Prodi Hukum Keluarga,  yang sudah dinantikan cukup lama akhirnya tiba dan terlaksana.

 

IMG-20180417-WA0037

IMG-20180417-WA0033

 

“Visitasi adalah kunjungan tim asesor dalam rangka pengamatan lapangan, wawancara, verifikasi data pendukung, serta pendalaman hal-hal khusus yang berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi. Adapun Tujuan Visitasi meningkatkan keabsahan dan kesesuaian data/informasi, untuk memperoleh data/informasi yang akurat dan valid untuk menetapkan peringkat akreditasi, memperoleh informasi tambahan (pengamatan, wawancara, dan pencermatan data pendukung); dan mendukung pengambilan keputusan yang tepat dan tidak merugikan pihak manapun, dengan berpegang pada prinsip-prinsip: obyektif, efektif, efisien, dan mandiri”

Visitasi Prodi Hukum Keluarga, dimulai dengan pembukaan dari Dekan FSEI (Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag) kemudian dilanjutkan sambutan Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Syaefudin  Zuhri, M.Ag, sebelum dilanjutkan ke acara inti visitasi.

Tim asesor BAN-PT yang tediri dari dua orang yaitu Dr. Muhammad Taufiki, M.Ag dan Prof. Dr. Miftah Arifin, M.Ag disambut oleh Pimpinan Fakultas, Prodi, dosen, tenaga kependidikan, stakeholder, alumni dan mahasiswa di ruang dosen Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

Asesmen lapangan yang dilakukan oleh tim asesor ini merupakan tahap lanjutan dari desk evaluation terhadap borang akreditasi Prodi S1 Hukum Keluarga Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Pada sesi pertama jam 09.00 s.d 12.00 WIB tanggal 17 April 2018 tim asesor melakukan wawancara terhadap pengelola Fakultas dan pengelola Prodi S1 Hukum Keluarga Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam untuk melakukan verifikasi terhadap data yang terdapat di borang yang telah dikirimkan oleh Prodi ke BAN-PT.

Sementara itu, wawancara terhadap dosen, alumni dan stakeholders Prodi S1 Hukum Keluarga Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam dilakukan pada sesi berikutnya. Selain itu, dihari berikutnya tim asesor juga melakukan survei terhadap fasilitas dan sarana prasarana pendukung Proses Belajar Mengajar di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Di Jl, Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon kemudian dilanjutkan survei terhadap sarana Laboratorium Falak dan Peradilan di Komplek Saladara Jl. Perjuangan Cirebon.

Setelah melalui tahapan asesmen lapangan ini, pengelola Fakultas dan Prodi memiliki harapan agar Prodi S1 Hukum Keluarga Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam memperoleh predikat akreditas yang unggul dan memuaskan.

IMG-20180417-WA0027

IMG-20180417-WA0034

IMG-20180417-WA0064

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *