Diskusi Dosen Perdana 2018

Ruang Dosen-Pada tanggal 9 April 2018 diskusi dosen perdana digelar di Ruang Dosen Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, setelah cukup lama direncanakan akhirnya berkat keseriusan dan gagasan Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag Diskusi Dosen FSEI resmi digelar.

Dalam diskusi perdana ini di isi oleh Narasumber Dr. Marzuki, M.Ag (Dosen Tetap dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah) dengan Pembanding Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag (Selaku Dekan FSEI) dan Moderator Dr. Wardah Nuroniyah, M.Ag (Dosen Tetap dari Prodi Hukum Keluarga) dan dihadiri oleh sebagian besar Dosen dari semua prodi yang ada di lingkungan FSEI.

IMG-20180409-WA0010

Narasumber dalam diskusi kali ini menjelaskan tentang “Fiqh Energi Terbarukan”. Secara sederhana, energi terbarukan didefinisikan sebagai energi yang dapat diperoleh ulang (terbarukan) seperti sinar matahari dan angin. Sumber energi terbarukan adalah sumber energi ramah lingkungan yang tidak mencemari lingkungan dan tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim dan pemanasan global seperti pada sumber-sumber tradisional  lain. Ini adalah alasan utama mengapa energi terbarukan sangat terkait dengan masalah lingkungan dan ekologi di mata banyak orang.

IMG-20180409-WA0015

IMG-20180409-WA0014

Semoga diskusi dapat berjalan secara rutin disetiap bulannya bahkan bisa berlangsung setiap pekan dengan bahasan dan kajian-kajian yang menarik lainnya dengan narasumber-narasumber yang berkompeten dibidangnya. Tentunya semua demi mewujudkan suasana akademis yang lebih hidup dan menambah wawasan dan keilmuan dosen-dosen dilingkungan FSEI pada Khusunya dan IAIN Syekh Nurjati pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *