Ujian Komprehensif Hanya Bermodal Nekat

Ujian Komprehensif adalah ujian untuk mengetahui tingkat kemampuan secara menyeluruh materi- materi yang telah diberikan kepada mahasiswa selama masa perkuliahan. Ujian ini dilaksanakan pada saat mahasiswa telah menempuh semua mata kuliah dari semester 1 hingga semester 7 dan semua mata kuliah baik mata kuliah wajib dan mata kuliah tambahan semua dinyatakan lulus.

Ujian Komprehensif Jurusan Hukum Keluarga (Akhwal Syakhshiyyah) pada hari ini Rabu, 24/8/2016 Alhamdulillah berlangsung dengan tertib,lancar tanpa suatu halangan apapun, dan peserta ujian begitu sangat antusias mengikuti ujian ini.

Tetapi sangat disyangkan ada beberapa peserta ujian yang hanya bermodalkan nekat dan sistem belajar SKS (sistem kebut semalam) alias kurangnya persiapan materi dan pemahaman materi. Padahal materi-materi yang diujikan semuanya sudah pernah diajarkan pada saat perkuliahan.

Ini menjadi PR besar untuk pihak Jurusan Hukum Keluarga (Akhwal Syakhshiyyah) bagaimana supaya mahasiswa peserta ujian untuk kedepannya benar-benar harus sudah siap dalam menempuh ujian komprehensif.  Selain strategi Jurusan untuk merubah realita buruk tersebut faktor mahasiswa yang terlalu menggebu-gebu ingin cepat lulus tanpa diiringi usaha yang keras menjadi faktor mental terbesar yang harus dirubah oleh para peserta ujian selanjutnya.

IMG_20160824_101700

(Bpk Ahmad Rofi’i terkesima dengan jawaban dari peserta ujian, terkesima karena jawabannya sangat tepat atau sangat ngawur ya pa????hehee….)

IMG_20160824_084530

(Seorang peserta ujian perempuan memberikan jawaban dengan body language)

IMG_20160824_084558

(Ibu Leliya, MH cukup perihatin dengan mahasiswa yang hanya bermodal nekat)

IMG_20160824_084633

(Bpk Dr. H. Syamsudin memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar Fiqh/Ushul Fiqh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *