Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam

IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Sistem kerja Pegawai Berdasarkan SE Nomor 16 Tahun 2020

Berdasarkan Surat Edaran bernomor SE. 16 tahun 2020 yang dirilis oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dan mulai berlaku sejak 5 Juni 2020. Berisi tentang Sistem Kerja Pegawai Kementerian Agama dalam Tatanan Normal Baru, yang dimaksudkan sebagai bentuk pedoman bagi seluruh satuan kerja atau unit kerja pada Kementerian Agama terutama dalam tatanan normal baru. Selain itu juga untuk pertama, memastikan pelaksanaan tugas maupun fungsi setiap satuan kerja atau unit kerja dapat berjalan efektif dalam mencapai kinerja. Kedua, memastikan pelaksanaan pelayanan publik berjalan dengan lancara dan efektif. Ketiga, mencegah dan mengendalikan penyebaran serta mengurangi resiko Covid-19 secara lebih luas. Karena itu, disusunlah beberapa aturan terkait sistem kerja pegawai sebagai berikut: read more

Bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi yang Terdampak Covid-19

Memperhatikan dampak paparan dari Covid-19 ini, IAIN Syekh Nurjati mengambil kebijakan untuk meringankan beban bagi masyarakat terdampak, khususnya bagi wali mahasiswa dan mahasiswi di lingkungan IAIN Syekh Nurjati. Karena itu, institut merilis surat edaran untuk menjaring siapa saja yang berhak mendapatkan bantuan program. Adapun program yang dimaksud adalah bantuan subsidi pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa aktif semester 2, 4, 6 dan 8.
  2. Fotokopi Kartu Rencana Studi (KRS) semester genap tahun 2019/2020.
  3. Melampirkan surat keterangan dari desa atau kelurahan sebagai penerima bantuan.
  4. Orang tua atau wali tidak berstatus sebagai PNS/TNI/POLRI/pegawai tetap pada instansi pemerintah.
  5. Surat PHK orang tua atau wali.
  6. Memperoleh rekomendasi dari ketua jurusan atau sekretaris jurusan berkop fakultas.
  7. Apabila yatim dan atau piatu agar melampirkan surat keterangan kematian dari instansi berwenang dan pernyataan tidak dibiayai oleh wali dengan penghasilan tetap.
  8. Fotokopi KIP atau KIS (bila memiliki)

Dokumen-dokumen tersebut diserahkan maksimal tanggal 20 Juli 2020 di Kantor Akademik dan Kemahasiswaan cq. Subbag Kemahasiswaan Rektorat Lantai 1. read more

Jadwal BKD

Berikut ini jadwal pelaksanaan, penyerahan, penilaian dan pelaporan Beban Kinerja Dosen (BKD) semester genap tahun ajaran 2019/2020 di lingkungan IAIN Syekh Nurjati:

  • Sosialisasi Pelaksanaan (22 – 28 Juni 2020)
  • Pengisian BKD Online (29 Juni – 10 Juli 2020)
  • Verifikasi BKD oleh jurusan (11 – 13 Juli 2020)
  • Pemantauan BKD oleh fakultas (11-13 Juli 2020)
  • Revisi tahap verifikasi (14 – 15 Juli 2020)
  • Validasi revisi (16 Juli 2020)
  • Distribusi asesor (17 Juli 2020)
  • Penilaian LBKD (18 – 20 Juli 2020)
  • Revisi BKD (21 – 23 Juli 2020)
  • Penilaian revisi LBKD (24 Juli 2020)
  • Revisi administratif (25 – 27 Juli 2020)
  • Rapat yudisium (28 Juli 2020)
  • Pelaporan hasil LBKD (28 Juli 2020)
  • Penetapan SK penerima tunjangan profesi (29 Juli 2020)
  • read more

    Kenal Lebih Dekat dengan Penulis Fiksi dari Filsafat Agama, Nuha

    Bernama lengkap, Rifqi Ulinnuha, mahasiswa yang lebih akrab disapa dengan sebutan Nuha ini lahir di Cirebon pada tanggal 01 Mei 1999. Selain memang masih muda, Nuha dikenal juga sebagai salah satu mahasiswa berprestasi di Jurusan Filsafat Agama.

    Mahasiswa yang memiliki motto “From ordinary person to extraordinary person” yang dikenal jago menulis dan hobi membaca ini sepertinya bukan hanya seorang pribadi yang idealis dalam soal ilmu pengetahuan dan imajinasinya. Tapi Nuha juga dikenal sebagai pribadi yang berjiwa sosial. Hal ini dinyatakan Nuha melalui “Hiduplah untuk menulis, berpikir dan bermanfaatlah bagi manusia lainnya”. read more

    Bakti Sosial, Himafil Turun ke Jalan Bareng Ormawa FUAD

    Himpunan Mahasiswa Filsafat (Himafil) bersama-sama dengan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati turun ke jalan sebagai bentuk bakti sosial kepada masyarakat. Mengingat pandemi Covid-19 masih belum juga berakhir.

    Aksi kepedulian mahasiswa yang dilakukan dengan cara membagi-bagikan masker gratis ini dilaksanakan di sepanjang lampu merah Pemuda, Pasar Kalitanjung, Jalan Evakuasi, Jalan Majasem, dan Sunyaragi pada Hari Sabtu, 16 Mei 2020. Mulai dari Pukul 14:00 WIB sampai dengan selesai. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini tentu saja sebagai salah satu bentuk kepedulian mahasiswa dalam rangka menyampaikan peran dan eksistensinya sebagai agensi perubahan. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan agar masyarakat mulai terbiasa untuk berpartisipasi dalam gerakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diinisiasi sebagai bentuk perlawanan terhadap penyebarluasan virus Covid-19 yang sampai saat ini masih menelan banyak korban. read more

    Surat Edaran Pemberian Pulsa Internet

    Berdasarkan surat edaran yang dirilis oleh Rektor Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati pada tanggal 14 Mei 2020, maka melalui ini kami informasikan kepada seluruh mahasiswa aktif pada program strata satu (S-1) termasuk dalam hal ini adalah Jurusan Filsafat Agama, untuk memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Institut memberikan paket pulsa atau data iternet kepada mahasiswa yang ada dalam jaringan Telkomsel.
  • Pemberian pulsa atau paket data kepada mahasiswa adalah sebesar 6 Giga Byte per mahasiswa selama tiga bulan.
  • Pulsa atau paket data internet hanya digunakan untuk menunjang perkuliahan dan jaringan akademik.
  • Teknis pelaksanaan mengenai data mahasiswa aktif kuliah dan pendataan nomor gawai diatur oleh fakultas dengan berkoordinasi dengan PTIPD dan bagian akademik dan kemahasiswaan.
  • Pembayaran dilakukan fakultas berkoordinasi dengan unit kerja pengadaan barang dan jasa (UKPBJ) dan bagian perencanaan dan keuangan.
  • read more

    Registrasi UKT Span-PTKIN 2020

    Diberitahukan kepada seluruh calon mahasiswa baru Jurusan Filsafat Agama yang telah dinyatakan lulus jalur SPAN-PTKIN 2020 di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon agar melakukan prosedur pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Calon peserta membayar UKT ke Bank Mandiri atau melalui ATM Mandiri pada tanggal 06 Mei sampai dengan 15 Mei 2020 sesuai kode biller.
  • Kode Biller untuk mahasiswa baru Program S-1 adalah 11+ID Pendaftaran/PIN, contoh 11 2001160867.
  • Besaran UKT disesuaikan ketika mahasiswa login melalui sc.syekhnurjati.ac.id/spmb. Masukkan ID pendaftaran dan password 123, kemudian cetak bukti registrasi online.
  • Calon mahasiswa yang telah membayar UKT akan memperoleh Nomor Induk Mahasiswa (NIM).
  • Jika calon mahasiswa baru mengundurkan diri setelah melakukan pembayaran UKT maka uang yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
  • read more

    KKN From Home

    Mengingat penyebaran virus Covid-19 yang masih belum juga mereda sampai dengan hari ini. Dimana dampaknya bahkan bisa menyebabkan ratusan orang terjangkit dan menjangkiti ribuan orang di seluruh Nusantara, serta kebutuhan untuk tetap melaksanakan program-program tri dharma perguruan tinggi. Maka kaum elitis dan birokrasi di lingkungan Institut Agama Islam Negeri menyusun formulasi kebijakan terkait program-program pendidikan yang dinamis, aman namun tetap berdaya guna. Dimana salah satu program institut yang wajib dilaksanakan adalah Program Kuliah Kerja Nyata yang menjadi parameter bagi para mahasiswa untuk mengembangkan kapasitas dan keilmuannya berbasis pemberdayaan masyarakat. read more

    Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru 2020 IAIN Syekh Nurjati

    Mengacu pada Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 15 tahun 2018 pasal 2 ayat 6 terkait pembatasan kuota berdasarkan capaian akreditasi jurusan yang diperoleh, maka Jurusan Filsafat Agama diperkenankan untuk membuka maksimal 5 kelas. Karena capaian akreditasi yang diperoleh adalah “A”. Akan tetapi, Jurusan Filsafat Agama akan lebih memperketat sistem seleksi. Mengingat kultur idealisme yang dibangun di Jurusan Filsafat Agama yang selama ini berjalan memang lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas. Karena itu, kuota penerimaan mahasiswa baru yang dibuka di Jurusan Filsafat Agama hanya untuk dua rombongan belajar dengan masing-masing kelas terdiri dari 40-50 mahasiswa. read more

    Lela, Mahasiswi Jurusan FA yang Jatuh Cinta pada Seni dan Budaya Cirebon