Pelatihan Pemadaman Kebakaran (Umum)

Pelatihan Pemadaman Kebakaran disaksikan langsung oleh Drs. Imron Rosyadi, MM (KABAG Umum) dan dilatih langsung oleh petugas DAMKAR Cirebon Kota. Jum’at (24/01)

Bagian Umum Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon dalam rangka meningkatakan Sumber Daya Manusia (SDM) Satuan Pengamanan (SATPAM) menggelar pelatihan dengan mengundang Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cirebon. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Drs. Imron Rosyadi, MM (KABAG UMUM) didampingi staffnya. Dalam pelatihan ini sekaligus menguji alat pemadam kebakaran di gedung baru yang akan ditempati Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. KABAG Umum dalam sela-sela pelatihan menyampaikan bahwasannya gedung yang dibangun dirancang memiliki standar keamanan, terutama dalam hal ini adalah perangkat pemadam kebakaran, sperti hydrant luar, hydran dalam, dan pemadam api ringan contohnya apar.  Jum’at (24/01). Read more

Rapat Kerja 2020 (LPPM)

Sambutan Drs. H. Subarja, M.Ag (Kepala Biro AUAK) pada Rapat Kerja Tahun 2020 LPPM. Selasa-Rabu(21-22/01)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon mengadakan Rapat Kerja tahun 2020 pada tanggal 21 sd 22 Januari 2020 di Villa Cibulakan Mandirancan Kuningan. Rapat Kerja LP2M 2020 diikuti oleh semua jajaran pengurus yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Kepala Pusat Penelitian, Kepala Pusat Pengabdian, Kepala Pusat Studi Gender dan Anak, staf dan juga dihadiri pula oleh Kepala Biro Administrasi Keuangan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Bapak Drs. H. Subarja, MPd. Agenda kegiatan Raker LP2M 2020 meliputi Evaluasi kinerja tahun 2019, Penyusunan Laporan Kinerja 2019, dan Rencana Kerja tahun 2020. Jum’at (24/01).

Dalam sambutannya, Ketua LP2M menyampaikan beberapa hal meliputi ; Pertama, pentingnya penyelenggaraan kegiatan Raker diadakan di awal tahun sebagai bentuk keseriusan merumuskan program-program dan kegiatan-kegiatan LPPM yang lebih terencana dan terprogram baik aspek penyelenggaraan maupun aspek keuangan, Kedua, Program-program LP2M diarahkan pada upaya peningkatan mutu penelitian dan pengabdian masyarakat yang memiliki keunggulan dan daya saing pada tingkat nasional. Ketiga, diseminasi hasil penelitian dan pengabdian yang terpublikasi pada jurnal-jurnal bereputasi. Keempat, membangun Sistem Informasi berbasis ICT pada kegiatan penelitian, pengabdian dan kegiatan lainnya. Kelima, Menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara dan Internasional. Keenam, menyusun Terjemah Al-Quran dengan Bahasa Cirebon.

Sementara itu, Kepala Biro Drs. H. Subarja,M.Pd yang bertindak sebagai narasumber menyampaikan beberapa kebijakan dan implementasi kegiatan yang bersifat rutin maupun kegiatan baru yang bersifat inovatif, serta tata kelola keuangan yang digunakan untuk belanja bahan, belanja honor, belanja modal, dan belanja lainnya. Dibahas juga tentang sumberdana berupa Rupiah Murni (RM) dan PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak). Di akhir beliau juga membahas tentang rencana perubahan pengelolaan menjadi Badan Layanan Umum (BLU), dan perubahan status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

 

 

KPRI IAIN Syekh Nurjati Cirebon Gelar RAT Tahun Buku 2019

Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPRI IAIN Syekh Nurjati Cirebon dipimpin langsung oleh Edy Chandra, S.Si., M.A (Ketua KPRI) dan dihadiri oleh Drs. H. Subarja, M.Ag (Kepla Biro AUAK) dan Narasumber.

Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar Rapat Akhir Tahunan (RAT) tahun buku 2019 di lantai 3 gedung pascasarjana kampus setempat. RAT tahun ini dihadiri oleh  Yodi Rudiantono, SE., MM (Dekopinda Kota Cirebon) selaku narasumber, Drs. Saedudin Jupri (Kepala Bidang Koperasi dan UKM), Drs. H. Subarja, M.Ag (Kepala Biro AUAK IAIN Syekh Nurjati Cirebon), Edy Chandra, S.Si., M.A (Ketua KPRI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kemis (23/01)  Read more

Guru Besar IAIN Syekh Nurjati Cirebon Bertambah

Prof. Dr. H. Bambang, M.Si menyerahkan dokumen hasil studinya kepada Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag (Rektor) di ruang kerjanya. Rabu (22/1)

Guru Besar dan Doktor di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon bertambah. Saat ini, IAIN Syekh Nurjati Cirebon baru saja memiliki guru besar dan doktor baru yang baru saja dikukuhkan. Prof. Dr. H. Bambang Yuniarto, M.Si, yang pernah menjabat Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan ini resmi menjadi salah satu guru besar IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bambang menjadi guru besar dengan disiplin bidang keilmuan sosial dan kewarganegaraan. Sementara Sekretaris Jurusan Perbankan Syariah, Dr. Hj. Dewi Fatmasari M.Si kini resmi menyandang gelar doktor. Beliau cukup lama untuk mendapatkan gelar guru besar tersebut. Bahkan, proses untuk mencapai pada tahap ini sudah dimulai sejak 2011 silam. Saat ini, Beliau boleh berbangga karena gelar guru besar yang disandangnya merupakan satu- satunya di wilayah III Cirebon. Rabu (22/1/2020). Read more

Lulusan IAT FUAD IAIN SNJ Kuliah S2 di UIN Yogyakarta Masuk Tanpa Tes

 

Kuliah Tamu yang diselenggarakan berkat kerjasama FUAD IAIN Syekh Nurjati dengan Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam UIN Yogyakarta diselenggarakan di Aula Gedung FUAD IAIN SNJ Cirebon. Selasa (21/01)

Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Syekh Nurjati Cirebon bersama Studi IAT Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar kuliah tamu dengan narasumber Dr. Alim Baidowi, S.Ag., M.Si di aula FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi kedua fakultas dari dua PTKIN itu. Selain memaparkan tentang keilmuan Al-Qur’an dan Tafsir, pemateri dari kedua fakultas juga membahas peluang kerja sama yang bias dilakukan keduanya, salah satunya ialah program kuliah pascasarjana bagi lulusan S1 FUAD yang ingin melanjutkan ke UIN Yogyakarta bisa langsung diterima tanpa tes. Selasa (21/01) Read more

Penerimaan Mahasiswa Baru di IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2020/2021 Diprediksi Meningkat dan Ketat.

PBAK IAIN Syekh Nurjati Cirebon berjalan dengan meriah, diikuti oleh mahasiswa baru yang antusias kuliah di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. (Humas Doc)

Penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon dipastikan akan lebih ketat. Hal itu mengacu pada Peraturan Menteri Agama (PMA) No 15 Tahun 2018 pasal 2 ayat 6 terkait pembatasan kuota berdasarkan akreditasi jurusan yang disandang kampus setempat. Wakil Rektor I IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. H. Saifudin Zuhri, M.Ag menjelaskan, berdasarkan peraturan tersebut, untuk jurusan yang berakreditasi A diperbolehkan menerima paling banyak 5 kelas, akreditasi B paling banyak 3 kelas, dan yang berakreditasi C paling banyak 2 kelas. Sedangkan setiap kelasnya paling banyak diisi hanya 35 mahasiswa saja.“Peraturan itu bukan berlaku di IAIN Syekh Nurjati Cirebon saja, tapi seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di seluruh Indonesia, baik itu Universitas Islam Negeri (UIN), IAIN, maupun Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Dan pembatasan kuota ini berlaku sejak penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021,” jelas Saifudin ketika ditemui di ruang kerjanya, Dia mengungkapkan, dengan adanya pembatasan kuota penerimaan mahasiswa baru ini, tentu akan berdampak pada semakin ketatnya persaingan di antara calon mahasiswa saat seleksi. Sehingga, mereka yang lolos seleksi dan diterima di IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah yang terbaik dari yang baik yang telah mendaftar untuk mengeyam pendidikan di kampus tersebut. Senin (20/1/2020).

 

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Arab Bagi Dosen PBA, PPB Gelar Workshop

Sesi foto Bersama dosen PBA IAIN Syekh Nurajati Cirebon beserta Narasumber pada Kegiatan Workshop Peningkatan Kemampuan Berbahasa Arab di Hotel Grand Triyas Cirebon. Sabtu-Minggu (18-19/01)

Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) IAIN Syekh Nurjati Cirebon selama dua hari,  menggelar kegiatan Workshop Peningkatan Kemampuan Berbahasa Arab dan Metodologi Pengajarannya agar nantinya bisa diterapkan dan dikembangkan dalam pembalajan intensif bahasa arab. Workshop yang dilaksanakan di Grand Triyas Hotel ini, melibatkan peserta seluruh dosen bahasa arab di lingkungan IAIN SNJ Cirebon dengan harapan bisa menerapkan dan mengembangkan pembelajaran intensif bahasa Arab tersebut.  Sabtu – Minggu (18-19/01) Read more

Rapat Seleksi Kontingen IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada IPPBMM PTKIN Se Jawa dan Madura

Dodi Dahwana Putra, M.A.B (Kasubbag Kemahasiswaan dan Alumni) menjelaskan terkait IPPBMM PTKIN Tingkat Jawa dan Madura di ruang senat rektorat lantai II. Senin (15/01).

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon melalui Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni  tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tingkat Jawa dan Madura. Wakil Rektor III IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. H. Ilman Nafi’a, M,Ag mengatakan, kegiatan dua tahunan ini akan diselenggarakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta selama 5 hari, yaitu pada tanggal 8 hingga 13 April 2020 mendatang. Senin (15/01). Read more

Perpus IAIN Syekh Nurjati Cirebon Terapkan 9 Borang Standar untuk Persiapan Akreditasi

Suasana perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, mahasiswa mendapat pelayanan yang baik, ruangan yang bersih dan nyaman. (14/01)

Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi akreditasi yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang.
Kepala Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. Yayat Suryatna, M. Ag mengatakan, dalam proses akreditasi tersebut ada 9 poin persyaratan yang telah ditentukan dan harus dipenuhi. Pasalnya, hal itulah yang akan menghasilkan nilai dalam akreditasi tersebut. “Untuk akreditasi itu ada 9 borang standar. Yaitu, terkait layanan, kerjasama, koleksi, pengorganisasian bahan perpustakaan, sumber daya manusia, gedung, anggaran, manajemen perpustakaan, dan perawatan koleksi perpustakaan,” (Kapus). Selasa (14/1/2020). Read more